Laman

Rabu, 19 Maret 2014

Muffin Apel Tanpa Telur

Assalamualaykum


Beberapa hari nggak buka blog rindu rasanya. Ini gegara sariawan di bibir sebanyak 3 biji yang bikin badan sampe panas dingin.
Karena badan nggak fit tetep saja dipaksakan bikin kue. Niat hati sih menghibur diri supaya nggak berasa sariawannya. Hasilnya bantet !! Dua kali pulak, bantet semua !! Padahal itu kue cuma ublek-ublek tanpa mixer dan tanpa telur. Dari dulu kalo bikin kue tapi badan nggak fit suka begitu deh, bantet. Entah karena moodnya yang kurang bagus dan ngaruh ke hasilnya, atau yang nimbang pake luput kali. Sebel banget. Tapi Alhamdulillah tetep aja yang bantet itu habis dimakan oleh suami dan anak-anak. Jadi nggak mubazir itu kue, hehe....


Masih dalam usaha menghibur diri karena sariawan plus bantet, sekarang bikin muffin apel aja. Googling sebentar dan nyantol di Sajian Sedap, Muffin Apel Coklat Keping. Idenya dari situ tapi kelupaan ngeluarin telur dari kulkas dan jadilah muffin tanpa telur. Bahannya sih hanya saya modif sedikit, ditambah soda kue dan susunya diganti homemade buttermilk. Hasilnya muffin yang empuk, sedikit lembut jika diemut, tapi tidak terlalu manis serta ada sedikit hints dari choco chipsnya.



Bahan-bahan :
  • 150 gr terigu protein sedang
  • 1/2 sdm baking powder
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/4 sdt garam
  • 50 gr gula pasir
  • 2 sdm margarin
  • 125 ml homemade buttermilk (125 ml susu cair hangat + 1 sdm air jeruk lemon/nipis)
  • 100 gr apel malang, parut kasar
  • 50 gr coklat chips/keping
Cara membuat :
  1. Panaskan oven suhu 190°C. Siapkan loyang muffin mini, alasi kertas cup. Sisihkan.
  2. Ayak tepung terigu, baking powder dan soda kue. Tambahkan garam dan gula pasir. Aduk rata. Masukkan margarin. Aduk menggunakan garpu sampai berbutir. 
  3. Tuang buttermilk, aduk sampai rata. Masukkan apel dan sebagian coklat keping, asal aduk saja, tidak perlu rata. Jangan overmix ya supaya tidak bantat.
  4. Tuang kedalam cetakan, taburkan sisa coklat chips.
  5. Oven selama 20 menit sampai permukaannya kuning kecoklatan.

Hasil : 10 buah


    2 komentar:

    Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.