Laman

Kamis, 20 Maret 2014

Bola Ubi isi Unti

Assalamualaykum


Alhamdulillah, terimakasih atas doa pembaca DapurManis yang selalu mengharapkan saya bisa update blog sesering mungkin.
Hari ini badan lumayan fit, sariawan tidak terasa mengganggu lagi sehingga bisa "pencak silat" di dapur lagi. Terimakasih juga saya ucapkan tuk yang selalu mendoakan supaya saya bisa sehat lahir dan batin. Hanya Allah yang bisa membalas kebaikan anda semua. Aamiin. Untuk entri hari ini saya bikin bola Ubi isi Unti, memberdayakan ubi di rumah. Biar agak beda saya kasih unti/enten kelapa. Lagi rajin nih bikin sesuatu dari kelapa, hihi....Resepnya sih ngambil dari Bola Ubi Keju dulu, hanya diberi wijen kayak onde-onde. Sayangnya wijennya banyak yang mrotol ketika digoreng padahal udah dicelup air sebelum digulingin ke atas wijen. Inilah akibat kegenitan pake dibedakin wijen. Maksudnya biar ada klethis-klethis gitu, nggak hanya empuk dan lembut doang teksturnya. Ditinjau dari segi rasa enak dan unik, ubi pake unti bisa klop juga.

Bahan unti kelapa :
1/2 butir kelapa yang agak muda, kupas kulit arinya
100 gr gula merah disisir
1 sdm gula pasir
75 ml air
1 lbr daun pandan
sejumput  garam halus

Bola Ubi :
500 gr ubi jalar yang telah dikupas
2 sdm margarin
3 sdm susu kental manis putih
2 sdm munjung tepung tapioka/kanji/aci
air secukupnya
75 gr wijen putih

Cara membuat :
  1. Unti kelapa : parut kelapa muda, sisihkan.
  2. Dalam sebuah wajan campur gula merah, gula pasir, air, daun pandan dan garam. Nyalakan api sedang. Setelah mendidih kecilkan api dan biarkan gula menjadi larut.
  3. Masukkan kelapa parut, aduk rata. Cek rasanya. Aduk rata, masak sampai agak kering, angkat dari api dan dinginkan.
  4. Bola ubi : kukus ubi sampai matang, haluskan selagi panas.
  5. Campur dengan margarin dan susu kental manis aduk rata. Masukkan tepung tapioka dan aduk lagi sampai rata. Jika dirasa terlalu kering tambahkan 1-2 sdm air dingin supaya mudah dibentuk.
  6. Ambil adonan ubi sebanyak 1/2-1 sdm, bentuk bulat bulat, tipiskan, beri isi unti/enten, bulatkan kembali sambil dipadatkan. Celupkan ke dalam air, gulingkan ke atas wijen. Lakukan sampai adonan habis.
  7. Panaskan minyak goreng yang cukup banyak dan goreng ubi sampai berwarna kuning kecoklatan. Jangan sering diaduk ya supaya tidak hancur. Jika bagian bawah sudah kuning kecoklatan, balik dan lanjutkan menggoreng sampai warnanya merata. Angkat, tiriskan dan sajikan.

4 komentar:

  1. ini pasti enak nih...miripp kue keria di malaysia ya mb.
    kalau kue keria cm di bikin sep donat trus di "siro" gula

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya ? aku belum pernah makan kue keria. Kirimin dooonggg....

      Hapus
  2. aduh,unti nya itu yg buat saya sukaaaa.hehehe.kapan-kapan bikin ahhh....makasih resepnya,mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. Silakan dicoba, semoga berkenan ya....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.