Laman

Sabtu, 22 Maret 2014

Churros With Salted Caramel Sauce

Assalamualaykum


Tumben ya judulnya kebule-bulean. Iya, lagi pingin sih, hihi....Churros adalah snack yang baru pertama kali saya bikin.
Sebenarnya kalo pas bikin kue sus, bisa saja sebagian adonan dibikin churros. Adonannya persis plek dengan kue sus. Jika kue sus dioven, churros digoreng. Saya bikin churros ini karena dapat hidayah setelah melihat buklet tabloid Saji. Resep aslinya nggak pake telur. Jadi kepingin nih. Setelah adonannya jadi dan disemprot, alamak berat banget. Akhirnya dituang kembali ke dalam baskom dan diberi telur 1 butir. Ketika disemprot lumayan, meski masih berat. Apalagi adonan yang antri, teksturnya lebih berat lagi karena akan semakin kental setelah benar-benar dingin. Seandainya diberi 1 butir telur lagi sehingga total 2 butir, adonan akan lebih ringan. Dan saya pikir bentuk bintang/kerangnya masih bisa terlihat meski pake 2 butir.


Kelebihan adonan yang saya bikin ini (pake 1 telur ya) ada pada bentuknya. Bisa lurus. Cara nyemprotnya dengan cara tegak lurus diatas wajan kemudian digunting. Ujung adonan jangan kecelup minyak supaya nggak gosong salah satu ujungnya. Setelah masuk ke dalam wajan, goreng menggunakan api sedang cenderung kecil supaya bisa matang sampai ke dalam. Setelah matang saya bikin saus karamelnya. Saus ini modifikasi saya ya. Iseng aja pingin tau kayak apa sih salted caramel itu. Ketika googling ternyata ada bahan yang kurang saya sukai yaitu krim kental. Saya nggak suka dengan krim tinggi lemak, apalagi harganya juga pasti tinggi (anda pasti lebih percaya alasan kedua mengapa saya ogah membelinya). Ditinjau dari segi rasa pasti enak dong kalo pake krim kental, tapi efek ke badan ini lho yang bikin ngeri. Akhirnya eksperimen sendiri. Intinya saus ini memadukan rasa manis dan asin berbaur dengan karamel. Untuk menguatkan rasa asin saya memasukkan margarin di akhir pembuatan. Komposisi manis asin sesuai selera ya. Buat saya saus ini terlalu manis, jadi gula bisa dikurangi.


Bahan churros :
300 ml air
1/2 sdm margarin
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
160 gr terigu protein sedang
1 butir telur (+- 50 gr tanpa kulit)

Saus Salted Caramel :
2 sdm gula pasir
200 ml air panas
50 gr coklat blok putih (white cooking chocolate/WCC), cincang/parut halus
1 sdm susu kental manis putih
2 sdm gula pasir (terlalu manis buat saya)
1/4 sdt garam (boleh ditambah jika kurang asin)
1 sdm tepung jagung/maizena, larutkan dengan sedikit air dingin
1-2 sdm margarin

Cara membuat :
  1. Saus Salted Caramel : panaskan gula pasir di atas wajan teflon dengan api kecil sampai menjadi karamel. Tuangi air panas dan biarkan larut, masukkan WCC dan masak sampai larut juga. Masukkan susu kental manis, gula pasir, garam dan biarkan mendidih. Cicip rasanya. Jika sudah pas tuangkan larutan maizena dan biarkan mengental serta meletup-letup. Matikan api dan masukkan margarin. Cicip lagi, jika kurang asin masukkan margarin kembali.
  2. Churros : rebus air, margarin, garam dan gula pasir sampai mendidih dan margarin larut. 
  3. Masukkan semua terigu sekaligus, aduk menggunakan sendok kayu dan masak sampai kalis (tidak lengket di panci). Matikan api dan biarkan dingin.
  4. Masukkan telur dan aduk rata. Jika terlalu berat, gunakan mixer dan kocok rata.
  5. Masukkan adonan ke dalam piping bag dan beri spuit kerang ukuran besar.
  6. Panaskan minyak di wajan. Semprot/spuitkan adonan dengan posisi tegak lurus sepanjang 4-5cm. Gunting atasnya supaya adonan jatuh ke dalam minyak panas. Lakukan beberapa kali supaya agak banyak, tapi minyak jangan sampai penuh. Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan dengan saus Salted Caramel.
Update 30 maret 2014 :  Alhamdulillah akhirnya janji saya lunas juga. Pic yang cemantel di blog sudah 4 biji ya. Jangan nagih lagi apalagi nagih duit, hihi....Selain itu udah aman kok kalo mau nyenggol, tanduk di kepala udah hilang....*KaloInetNgambekSiTandukBisaNumbuhLagi*

Note : niat hati ingin pasang 4 bh pic tapi inetnya lagi bego setengah mati. Upload foto 2 biji aja butuh waktu 1/2 jam, gggrrrhh.....Jika sudah normal dan lancar picnya mau ditambah ya...edisi sebel, senggol bacok *cengarcengir*



10 komentar:

  1. kriyuk2 tp empuk ya mba...?

    hmmm.. mau dooongg....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo bikin bu guluuuu.....

      Hapus
    2. Duuuhhh... serem bener nie kata2 penutupnye...
      Mantan preman ye po...?

      *atuuuuuttt.....
      #ngumpet d belakang kompor...

      Hapus
    3. wakakakaaa....ini asli sebel karena ngupload berjam-jam gagal terus, makanya jadi kayak PMS efeknya, hahahaaaa....

      Hapus
  2. churros zila x pernh cuba lg rin.nnt mau bikin jgk tggu mood rajin

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok zila ditunggu postingnya ya...

      Hapus
  3. gorengan ?????
    halahhh....yang mau ikut FC kemaren apa ceritanya ya...hahahah
    saosnya manis tuh mbak.... semanis aku....hihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha....lha habis kemakan sama omongan "hidup tanpa gorengan itu seperti rhoma tanpa irama". hayo sapa yang ngomong tuh ???

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.