Halaman

Kamis, 13 Maret 2014

Sate Pisang Kacang

Assalamualaykum


Ketika buka-buka tabloid saya iseng baca resep aneka sate. Tertarik dengan resep sate pisang berbalut kacang dan dinikmati dengan coklat leleh.
Hmmmm....kacang dan coklat adalah paduan serasi dan jaminan enak ketika masuk mulut. Kebetulan di kulkas ada pisang tanduk dan kacang panggang. Tanpa babibu lagi kemarin langsung dieksekusi. Cara bikinnya sama dengan pisang goreng pada umumnya hanya pisangnya ditusuk dengan tusuk bambu/sate, dicelupin adonan tepung, digulingkan ke atas kacang tumbuk dan digoreng. Adonan tepung yang dibuat agak kental, lebih kental daripada adonan pisgor biasa, supaya tidak belepotan ketika digulingkan di atas kacang. Adonan ini menggunakan baking powder karena kental sehingga ketika digoreng bisa sedikit mengembang dan minyak panas bisa menembus sampai ke dalam. Jadi baking powder usahakan jangan dihilangkan jika tidak ingin resiko mentah didalam. Selain itu gunakan api kecil supaya matang sampai ke dalam juga. Ketika sedang sibuk menggoreng ternyata hujan turun dengan deras. Alhamdulillah pas bener suasananya. Dinikmati bareng kopi atau teh hangat, duuuuhhhh....surga deh....

Waktu pisgor ini diambil fotonya, ternyata si bapak penjual air isi ulang datang. Waduh langsung kalang kabut bebenah deh karena motretnya di ruang tamu, persis di depan pintu. Datang kok pas hujan-hujan sih pak. Biasanya kan nunggu hujan reda dulu. Malu gitu kalo ketauan, hihi....habis kalo lagi motret semua berantakan. Ada sendok, garpu, serbet atau prop lain yang berserakan, yang kadangkala tidak terpakai karena dianggap kurang matching.

Bahan :
3 bh pisang tanduk, potong bulat 1 cm (bisa diganti dengan 8-10 bh pisang uli/raja/kepok)
125 gr kacang tanah kupas, sangrai/panggang, tumbuk kasar
Tusuk sate secukupnya
Coklat leleh/susu kental manis coklat/saus coklat, untuk pelengkap

Bahan pencelup :
70 gr tepung terigu protein sedang
40 gr tepung beras
15 gr tepung tapioka/aci/kanji
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanili bubuk
150-175 ml air es

Cara membuat :
  1. Ambil sebuah tusuk sate, beri 3-4 potong pisang. Lakukan sampai pisang habis. Sisihkan.
  2. Dalam sebuah wadah besar campur semua bahan kering : terigu, tepung beras, tapioka, baking powder, garam dan vanili aduk rata. Tuangi dengan air es, aduk rata. Adonan yang terbentuk kental sekali ya.
  3. Panaskan minyak yang cukup banyak. Ambil satu buah pisang tusuk, celupkan ke dalam adonan tepung, gulingkan ke atas kacang. Goreng di atas api agak kecil sampai kuning kecoklatan. Balik sekali dan goreng sampai matang. Angkat dan tiriskan. Sajikan bersama pelengkap.
Hasil : 12-14 tusuk


10 komentar:

  1. Bener bgt tu mba... kalo cokelat n kacang tu duet maut... hehehe... mantep bgt...

    Itu wkt nggorenya kacangnya gak pd lepas mba...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada sih yang rontok tapi sedikit banget, lebih banyak yang nempel. Sekarang longgar ya bu, kok jam segini sudah bisa komen dimari ? Seneng aku kalo bu gulu komen, suka geli bacanya, hihi....

      Hapus
    2. Iya mba... murid2 lg UTS... jd banyak wkt kosongnya smbil nunggu jaduam ngawas...


      Lha... komennya kan cm tulisan ajah... kok geli..., emang d klitikin...?
      Weeeeeee....
      :D

      Hapus
    3. emang ni bu gulu minta dicubit deh, hehehe....

      Hapus
  2. hahah..kasian si bapak tukang galonnya...di kasi ngerasa nggak mbak... xixixi
    aihh....pisang di apa2in enak ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. malah kasian sama bapak tukang galon gimana sih, hihi....lha aku ini yang kelabakan beresin segalanya.
      Ayo bikin kalo ada stok pisang. Uenak lho ini....

      Hapus
  3. hahahaa, sama mbak Rina kurang lebih ceritany mirip2 dengan ku yg tukang galon :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. untung ketika si bapak masuk rumah sebagian udah diberesin jadi yang motret nggak ketauan. Paling bapaknya mbatin, ini ibunya kok males ya rumahnya berantakan gini nggak diberesin, hahahaaa....

      Hapus
  4. enak nih mba... kalo aku sich dirumah biasa buat pisang crispy... kayaknya enak nih kalo dicobain...
    izin nyontek resepnya ya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan dicontek. Ini beneran enak kok, pisang kacang coklat itu emang endess....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.