Halaman

Rabu, 12 Maret 2014

Schotel Nasi Kukus Bumbu Opor

Assalamualaykum


Lagi-lagi makanan daur ulang. Pasti berguna nih (pede tingkat tinggi). Seringkali jika saya masak Opor Ayam biasanya selalu berlebih. Kalo berlebih gitu kadang suka mikir mau diapain itu kuahnya.
Kebetulan di rumah ada sisa opor ayam sedikit. Dan kemarin saya olah lagi jadi schotel nasi kukus. Jika mengolah makanan daur ulang begini saya selalu mengandalkan stok bahan di kulkas. Setelah dilihat ada wortel dan sosis ayam, saya masukkan aja sekalian biar isinya banyak. Bikinnya juga gampang asal cemplang-cemplung aja. Tapi karena mau dishare ya diukur dulu bahannya biar mudah dicontek. Ternyata enak tuh schotel nasi ini. Saya menikmatinya bersama dengan lalapan supaya tidak terlalu berat rasanya. Alhamdulillah jadi seger deh....

Bahan :
  • 300 gr nasi putih
  • 1 bh wortel
  • 300 ml kuah opor ayam
  • 1 butir telur ayam
  • 2 buah paha ayam sisa opor, ambil dagingnya, suwir/potong dadu
  • 2 bh sosis ayam, potong dadu

Cara membuat :
  1. Kukus wortel sampai setengah matang, kupas dan potong dadu.
  2. Siapkan pinggan tahan panas volume 1 liter, olesi minyak/margarin. Panaskan kukusan.
  3. Dalam sebuah wadah campur nasi, paha ayam, sosis dan wortel, aduk rata. Masukkan ke dalam pinggan beroles minyak, sisihkan.
  4. Campur kuah opor dan telur, aduk rata. Tuang campuran kuah opor ke atas nasi dengan menggunakan sendok sayur sampai kuah habis.
  5. Kukus dalam dandang panas selama 30 menit. Angkat dan sajikan.

6 komentar:

  1. Duuuh... ada2 aja nih mba rina...
    Kreatif bgt... so pasti bermanfaat nie mba... krn dh jd problem yg umum di dunia emak2...

    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukur kalo bermanfaat. Selain dikukus bisa dioven juga ini kalo suka agak kering dan kesat..

      Hapus
  2. lama nggak jalan2 kesini hihihihihi,,masih belum kebayang,nasi soalnya hehehe,,,,,kl schotel suka yg dibakar q mbk,mantabhlah

    BalasHapus
    Balasan
    1. bu gulu kayaknya sibuk ya (peyuk dan cipika cipiki duyu ah). Ini juga baru pertama kali bikin schotel nasi. Dari segi rasa cukup enak (pake opor gitu loh) cuma menurutku terlalu basah. Paling pas dioven schotel nasinya ini.

      Hapus
  3. masih bayangin gimana rasanya mbak.... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya ya kayak nasi diguyur kuah opor, hahahaa.....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.