Halaman

Selasa, 11 Maret 2014

Bubur Nasi dengan Unti Kelapa

Assalamualaykum


Hari Minggu yang lalu kebetulan saya sedang tidak enak badan. Sudah 2-3 hari sebelumnya merasa seperti ini.
Karena kepala kliyengan, akhirnya saya minta tolong anak saya untuk masak nasi pake magic com. Tanpa saya ketahui ternyata airnya kebanyakan sehingga ketika matang terlalu lembek dan mengembang lebih banyak dari biasanya. Alhasil nasinya banyak yang tersisa. Daripada mubazir saya putar otak supaya bisa dimakan lagi. Karena sudah lama nggak bikin bubur akhirnya saya putuskan untuk bikin bubur nasi. Sebagai pendamping saya bikin unti kelapa karena kebetulan ada stok kelapa parut beku di freezer. Dan jadilan bubur nasi dengan unti kelapa ini.

Cara bikinnya gampang, hanya nasi yang diberi santan kemudian direbus sampai jadi bubur dan diberi sedikit garam supaya gurih. Selain itu saya beri daun pandan juga supaya wangi. Dimakan anget-anget bersamaan gerimis di pagi hari pas bener.  Bubur ini bisa dimakan pake lauk apa saja ya. Bisa pake abon, serundeng, tumis oncom atau lauk berkuah gurih seperti opor ayam, soto, sambel goreng labu siam atau yang lain.


Bahan :
300 gr nasi lembek
2 lbr daun pandan, simpulkan
350-400 ml santan dari ½ butir kelapa
½-1 sdt garam

Bahan unti kelapa :
1/2 butir kelapa yang agak muda, kupas kulit arinya
100 gr gula merah disisir
1 sdm gula pasir
75 ml air
1 lbr daun pandan
sejumput  garam halus

Cara membuat :
1. Unti kelapa : parut kelapa muda , sisihkan.
2. Dalam sebuah wajan campur gula merah, gula pasir, air, daun pandan dan garam. Nyalakan api sedang. Setelah mendidih kecilkan api dan biarkan gula menjadi larut.
3. Masukkan kelapa parut, aduk rata. Cek rasanya. Aduk rata, angkat dari api dan dinginkan.
4. Bubur nasi : campur jadi satu nasi, daun pandan dan santan. Rebus sampai jadi bubur. Masukkan garam dan cicip rasanya. Jika santan dirasa kurang, tambahkan lagi dan lanjutkan merebus. Setelah jadi bubur, matikan api dan angkat.


6 komentar:

  1. anaknya udah gede2 ya mba? udah punya berapa mba?


    *lha... yang ditanyain bukan makanannya toh....?
    hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tak jawab tapi jangan kaget lho. yang gede udah kuliah, nomer 2 udah SMP yang bungsu kls 6 SD. Udah itu doang bu gulu ?

      Hapus
    2. Wheewww.... masa c mba....?
      Yg bungsunya sepantaran dg anak sulungku tuh... si neng jg kls 6...



      *ngerumpi ala emak2....
      :D

      Hapus
    3. hihi....makanya, kalo aku kasih tau nggak bakalan percaya, hihi.....

      Hapus
  2. wahhh..... enak nih mbak...unik

    BalasHapus
    Balasan
    1. so pasti enak dong. Bubur kan cocoknya pake santan. Udah gitu dikasih pelengkap berbahan kelapa pulak. Pas....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.