Laman

Sabtu, 09 Mei 2015

Pukis Tape Pandan

Assalamualaykum


Setelah tempo hari saya mengatakan ingin mengurangi bikin cake, lha kok orang rumah nagih minta pukis hihi....
Gimana ya, saya kok kadang nggak enak. Sebenarnya galau antara ingin mengurangi bikin snack dan menuruti keinginan orang rumah. Apalagi (waktu bikin pukis ini) anak saya sedang libur dan suami menyarankan bikin cemilan di rumah supaya nggak jajan. Ya sudah deh akhirnya saya buatkan aja. Kali ini saya buatkan pukis tape pake pasta pandan. Kalo pukis pasti doyan dan cepet habis. Topingnya cukup pake meises aja nggak perlu keju-kejuan. Emak lagi irit cenderung pelit (maksudnya mengurangi gitu) karena tempo hari udah bikin martabak manis mini pake banyak keju (padahal masih ada stok keju di kulkas hihi...). Resepnya pake resep Pukis Banyumas  tapi saya modifikasi dikit. Saya bikinnya 3/4 resep karena mau saya bagi dengan tukang sayur yang tempo hari sudah bawa oleh-oleh beras ketan untuk saya. Hasilnya buanyaakkk. Sekitar 40-50an biji dengan cetakan pukis yang saya miliki.


Bahan :
600 ml santan dari 3/4 butir kelapa
2 lbr daun jeruk purut + 2 lbr daun pandan
1/2 sdt garam
300 gr tape singkong yang matang dan manis, buang seratnya
3 butir telur
175 gr gula pasir
375 gr terigu serbaguna/protein sedang
2 sdm susu bubuk
1/2 bungkus (5 gr) ragi/yeast instan
1/2 sdt vanili bubuk
100 ml susu kental manis putih
150 gr margarin blueband, cairkan
1/2 sdt pasta pandan
coklat meises/coklat beras secukupnya

Cara membuat :
  1. Rebus santan, daun jeruk, daun pandan dan garam sampai mendidih sambil diaduk-aduk supaya santan tidak pecah. Angkat dan biarkan hangat. Saring dan buang daun jeruknya. Masukkan susu kental manis dan aduk sampai rata. Sisihkan.
  2. Masukkan tape dan santan ke dalam blender dan proses sampai halus. Sisihkan.
  3. Campur bahan kering seperti terigu, susu bubuk, yeast dan vanili bubuk, sisihkan.
  4. Dalam wadah besar kocok telur dan gula menggunakan mixer speed tinggi sampai putih, kental dan mengembang. Masukkan campuran terigu berselang-seling dengan campuran tape santan sambil dikocok dengan mixer speed rendah sampai rata. Awali dan akhiri dengan tepung.
  5. Masukkan margarin cair, kocok lagi dengan speed rendah sampai rata (aduk balik pake spatula juga boleh). Terakhir masukkan pasta pandan. Tutup wadahnya dan fermentasikan di tempat hangat selama 1 jam sampai mengembang.
  6. Siapkan cetakan pukis, olesi dengan minyak goreng tipis-tipis dan panaskan dengan api kecil.
  7. Aduk-aduk adonan supaya mengempis dan gelembungnya berkurang. Adonan ini kental ya.Tuang adonan pukis sampai 3/4 penuh. Taburi dengan meises. Tutup dan panggang sampai permukaannya kering/matang. Angkat/cukit dari cetakan. Lakukan hal yang sama sampai adonan habis.
Note :
  • tiap kali akan menuang adonan ke dalam cetakan, aduk-aduk adonan terlebih dahulu supaya mengempis dan gelembungnya berkurang.Tujuannya supaya adonan tidak berlubang ketika dipanggang.
  • cetakan cukup sekali saja dioles minyak ketika pertama kali memanggang dan selanjutnya tidak perlu olesan minyak lagi.


9 komentar:

  1. aih,pukisnyaaa....di siak belum nemu mbak..padahal pinginnn banget,jangan bilang "buat sendiri dong!!" nggak punya cetakan kakakkkk...."beli dong!!" ribet kakakkk,nanti kalo tiba2 suami di pindah lagi gmn??xixixi *curcol*
    ihhierr...propsnya banyak yg baru niyeeee^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaaa....ngakak aku baca komennya. Ayo sinih aku bikinin biar puas makannya.
      properti lama dicat baru itu. Kalo mangkuknya, iya lagi gila cuci mata di kios pecah belah deket sekolah anakku. Tiap hari lewat situ sambil lirak lirik kemecer. Cuma rada mihil karena gak ada saingannya

      Hapus
  2. kaknoor mau mencuba jugak nanti resepi pukis ni Rina seperti nya enak bangat tu

    BalasHapus
  3. waaah, pukisnya menggoda banget tuh, jadi ngiler

    BalasHapus
  4. aku pun belum punya cetakan pukis. gak ada yg nanya ih* mbak request donk resep apem yg dikukus. wingi bikin gagal totaaal. hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. apem kukus ? Aku rada bingung karena ada beberapa versi. Ada yang dicetak pake cetakan talam dan mekrok (seperti kue mangkok), ada juga apem yang dipotong-potong. Apem yang seperti apa yang gagal tuh ?

      Hapus
  5. kayaknya yg mangkok mekrok ya mbk. kalo udah bikin, nanti kucontek yah. makasiiih mbak Rina yg baiik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kue mangkok tape singkong yah ? ada kok di blog ini. Link-nya http://rina-dapurmanis.blogspot.com/2012/09/kue-mangkok-tape.html. Cobain deh. Dulu banget udah banyak yang coba di fb dan 90% pada sukses tuh. met bikin kue mangkok, sekalian menantang adrenalin deh hihi...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.