Halaman

Kamis, 07 Mei 2015

Orak-Arik Makaroni

Assalamualaykum


Setelah bikin seblak terakhir kali, di dapur masih ada sisa makaroni sedikit. Kepikiran mau dibikin apa gitu.
Kalo dimasak pake kuah kayak sup gitu kok kurang laku ya. Akhirnya diputuskan bikin orak-arik saja yang gampang. Orak-ariknya ya orak-arik sayur biasa yang dimasukin makaroni rebus. Murah-meriah dan insya allah semua pasti bisa membuatnya. Setelah matang dinikmati bersama nasi anget wooo nikmat banget...


Bahan :
75 gr makaroni pipa
1 batang duan bawang, iris tipis
2 bh wortel, serut/potong memanjang
1 tongkol jagung manis, disisir
6 lbr kol, iris tipis
1 sdt saus tiram
1/2 sdt gram
1/2 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
1 butir telur ayam
bawang goreng untuk taburan

Bumbu iris :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 bh cabe merah keriting

Cara membuat :
  1. Rebus makaroni dalam air mendidih dan sedikit garam sampai matang. Angkat dan tiriskan. Rendam dalam air dingin supaya tidak lengket. Tiriskan kembali dan sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak kemudian tumis bumbu iris sampai wangi. Masukkan wortel dan jagung manis kemudian tumis sampai agak empuk.
  3. Masukkan kol, saus tiram, garam, gula dan merica bubuk. Aduk rata. Koreksi rasanya. Masukkan makaroni rebus, aduk kembali supaya rata.
  4. Jika sayur sudah layu terakhir masukkan telur dan aduk-aduk sampai telur berserabut dan matang. Matikan api dan sajikan dengan taburan bawang goreng.


5 komentar:

  1. waduh enak bangat ni Rina terliur kaknoor

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak cukup enak buat lauk nasi atau digado begitu saja tanpa nasi

      Hapus
  2. aih,aku jadi pingin bikin seblak pakek makaroni. belum kesampean ini malah dah bikin orak arik makaroni. tega >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi yuk bikin semuanya, seblak sama makaroni

      Hapus
  3. wih ini makanan mantab kayanya... haha, jadi keroncongan nih perut..

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.