Halaman

Rabu, 06 Mei 2015

Nasi Goreng Bumbu Tauco

Assalamualaykum


Beberapa waktu lamanya nggak bikin nasi goreng, ternyata orang rumah pada minta untuk dibuatin.
Saya sih seneng kalo mereka minta nasgor. Kali ini saya mau pake bumbu tauco mumpung banyak tauco di kulkas. Pingin tau gimana rasanya kalo diberi tauco. Mestinya bakal enak dong ya. Apalagi di freezer ada udang beku juga, sip deh dijadikan nasi goreng. Resep nasi goreng ini sama dengan nasgor yang ada di blog ini. Ala DapurManis gitu. Bumbu kering dan cair seperti garam, gula, kecap manis, atau saus tiram dicampur dulu dengan nasi dingin. Baru setelah bumbu tumis matang, nasi berbumbu ini dimasukkan ke dalamnya. Tujuannya supaya bisa merata bumbunya. beda jika kita beli di tukang nasgor, mereka pake wajan jumbo dengan kapasitas besar, tapi yang dimasak jumlahnya sedikit. Otomatis ketika ngaduk-aduk bumbu akan lebih merata dong. Lha sebaliknya dengan kita. Dengan alasan menghemat waktu, nasi sebaskom dimasukin semua ke dalam wajan ukuran pas-pasan. Jika seperti itu apakah bumbu bisa merata ?? Tentu saja tidak. Oleh karena itu cobalah pake cara ala saya ini yang mencampur  nasi dengan bumbu. Pasti akan terasa perbedaaannya. Tips lain ketika bikin nasi goreng, gunakan api besar setelah nasi dimasukkan. Aduk dengan cepat dan bertenaga supaya tidak hangus. Dengan api besar, kecap manis dan gula pasir di dalamnya akan berkaramel yang membuat nasi goreng akan lebih enak. Satu lagi tipsnya. Tumis bumbu iris dan bumbu halus sampai agak kering supaya nasi nggak benyek/lembek. Bumbu yang belum kering mengandung air yang akan diserap nasi nantinya. Jika bumbunya ditumis sampai kering, coba deh bandingkan dengan nasgor hasil beli di luar. Pasti bisa mirip rasa dan aromanya.

Bahan :
2 piring nasi dingin yang pera, aduk-aduk supaya buyar (tidak menggumpal)
1,5 sdm saus tiram
3-4 sdm kecap manis
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
3 butir bawang merah, iris tipis
1 sdt kecap ikan
1 sdm tauco
1 batang daun bawang, iris tipis
100 gr udang, kupas kulitnya
3 batang sawi hijau, potong 2 cm
1 butir telur dibuat orak arik
2 bh sosis, potong bulat-bulat
3 butir bakso, potong sesuai selera
bawang goreng untuk taburan

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 sdm ebi, rendam air panas sampai lunak

Cara membuat :
  1. Dalam wadah besar campur nasi dingin, saus tiram, kecap manis, garam dan gula pasir. Aduk sampai rata dan koreksi rasanya, sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis bawang merah sampai agak kering. Masukkan kecap ikan dan bumbu halus, aduk-aduk sampai bumbu halus agak kering juga.
  3. Menyusul udang, tauco, daun bawang dan sawi hijau, aduk sampai rata.
  4. Terakhir masukkan nasi berbumbu, telur, sosis dan bakso. Besarkan apinya dan aduk secara cepat beberapa saat supaya tidak hangus. Sekali lagi koreksi rasanya. Tambahkan kaldu bubuk/penyedap rasa jika suka. Bila rasanya sudah pas matikan api dan sajikan panas-panas dengan taburan bawang goreng.

4 komentar:

  1. Hmmmh.. nasgor selalu diidolakan deh mba... bikinnya jg gampang dan bs disesuaikan dg stok dapur.. hihihi...

    Lucu kl liat timun, anakku yg kecil (afa) kl nyebut timun itu "Tumin" dan ga ada yg bs protes krn dia ga ngara salah...
    Hihihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. Nasgor adalah makanan sejuta umat. Hampir gak ada yang nolak kalo disodorin nasgor.
      begitu cerita tentang anak kecil jadi kepo nih, udah lahiran belum bu gulu ?

      Hapus
  2. Blm mba...
    HPL pertengahan June...
    Doakan yg trbaik ya mba....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semoga diberi kemudahan dan kelancaran bu gulu, aamin

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.