Laman

Senin, 11 Mei 2015

Putren Dan Tahu Kuah Kecap


Assalamualaykum



Ketika buka-buka tabloid untuk ide masak, saya kok kepikiran ingin masak putren ya.
Putren ini nama lainnya janten atau jagung muda. Baby corn gitu. Jagung muda ini enak dimasak tumis. Dimasukkan dalam tumis capcay atau paklay yang paling saya sukai. Tapi seperti biasa orang rumah selalu minta pake kecap manis hehe...terus pake kuah. Bumbunya sederhana seperti tumisan lain yang ada di blog ini. Bawang merah, bawang putih, cabe serta kecap manis pasti dipake. Karena judulnya pake kuah, tumisan ini klombyaran alias banjir kuah biar bisa diguyur ke atas nasi.

Bahan :
250 gr putren/jagung muda/janten/baby corn
10 bh tahu goreng, potong sesuai selera
2 bh wortel, potong serong
50 gr kecambah kedelai
3-4 sdm kecap manis
½ sdt garam
½ sdt gula pasir
1 sdt saus tiram
¼ sdt merica bubuk
350 ml air

Bumbu iris :
6 bh bawang merah
3 siung bawang putih
8 bh cabe merah keriting

Cara membuat :

  1. Siangi putren dan cuci bersih. Potong jadi 2 bagian kemudian belah jadi 2 bagian memanjang, sisihkan. 
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu iris sampai harum. Masukkan tahu goreng, kecap manis, saus tiram, garam, gula, saus tiram dan air. Biarkan mendidih dan koreksi rasanya. 
  3. Setelah pas, masukkan sisa bahan seperti putren, wortel dan kecambah. Masak sebentar kemudian matikan apinya. Angkat dan sajikan bersama nasi.

5 komentar:

  1. aku dari dulu g suka putren,aneh gitu,keras pula hahaha. tapi lumayan doyan satu dua iris kalau disayur asem hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal enak lho kres krres sedikit manis rasanya...

      Hapus
  2. Kl sy paling suka dibikin urap mba....
    Teksturnya tuh unik...
    Lumayan suka...
    Heheh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. urap yah ? ide bagus buat masak putren lain kali nih

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.