Halaman

Minggu, 17 Mei 2015

Ketan Urap Isi Pisang

Assalamualaykum


Karena Sabtu kemarin tanggal merah yang bertepatan dengan Isra' Mi'raj Nabi SAW, artinya saya harus bikin cemilan untuk yang libur di rumah.
Berhubung bapaknya anak-anak lagi kena batuk, snacknya menghindari yang digoreng-goreng dulu. Setelah lihat-lihat bahan yang ada dan nampak beras ketan serta pisang uli kepikir deh bikin ketan urap berisi pisang di dalamnya. Resep ini terinspirasi dari Ketan Pisang Kukus yang tempo hari saya buat. Cara bikin ketan kukusnya sama kok. Hanya setelah matang ketan ini diisi pisang tumis kemudian digelundungin di kelapa parut. Jika mau ditambahin keju atau coklat meises juga boleh. Malah lebih kaya rasanya. Ketan urap ini enyak hasilnya, gurih-gurih manis....



Bahan :
300 gr beras ketan putih
150 ml air panas (diganti santan juga boleh)
1/2 sdt garam halus
10 bh pisang uli/kepok/raja/tanduk, tumis dengan sedikit margarin, potong 2 bagian

Taburan (campur jadi satu, kukus selama 15 menit) :
1/4 butir kelapa parut
1/4 sdt garam halus
1 lbr daun pandan

Cara membuat :

  1. Rendam beras ketan selama semalam. Keesokan harinya tiriskan dan cuci berulang kali dengan air bersih. Ini bertujuan supaya ketan tidak mudah basi. Tiriskan.
  2. Kukus beras ketan dalam kukusan panas sampai setengah matang selama 20-25 menit. Angkat dan letakkan dalam baskom.
  3. Dalam mangkuk kecil/cangkir, campur air panas dan garam, tuang ke dalam ketan kemudian aduk rata. Diamkan selama 15 menit supaya meresap. Kukus selama 30 menit sampai matang. 
  4. Angkat dari kukusan dan biarkan hangat. Ambil selembar plastik lebar, letakkan 2-3 sdm ketan, pipihkan, isi dengan 1 potong pisang kemudian bulatkan sambil dipadatkan. Gulingkan dalam kelapa parut. Sajikan.



4 komentar:

  1. enak ini dimakan sambil ngopi xixixixixi...

    BalasHapus
  2. weh...weh....... maag ku kalau makan ketan

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sekarang gak papa makan ketn tuh. Kalo dulu iya suka perih jika makan ketan

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.