Laman

Kamis, 14 Mei 2015

Gulai Ayam Daun Singkong

Assalamualaykum


Sudah lama saya menyimpan daun singkong rebus di kulkas. Ini gegara mati ide mau dimasak apa gitu.
Kalo masak oblok-oblok kok rada bosen. Setelah minta pendapat tukang sayur (eh tukang sayur bisa jadi penasehat kita kalo lagi mati ide loh), akhirnya ketemu ide bagus bikin gulai ditambah ayam (biar ayam si tukang sayur juga laku getooo). Kalo masak gulai gini pastiiiii cepet ludes karena lauk/sayur berbumbu tajam memang disukai orang rumah. Setelah ceki-ceki bahan, alhamdulilah plit komplit deh. Segera eksekusi ke dapur. Setelah matang hmmm enyak. Apalagi kalo udah nginep, tambah ngresep deh bumbunya. Ditemani nasi anget, trus si nasi mandi kuah, aduhaiiii sedapnyaaaa...

Bahan :
1 ikat daun singkong
1/2 ekor ayam dipotong-potong
2 cm kayumanis
1 bh bunga pekak/bunga lawang
2 butir cengkih
2 butir kapulaga
1 batang serai, memarkan
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk
2 cm lengkuas, memarkan
1 sdm bumbu kari bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir/gula merah
1/2 sdt merica bubuk
750 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Bumbu tumbuk :
1 sdt ketumbar
1/4 sdt jintan
2 cm kunyit
3 bh cabe merah besar
5 bh cabe merah keriting
8 bh bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir kemiri 

Cara membuat :
  1. Rebus daun singkong sampai empuk. Angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis kayumanis, cengkih, kapulaga, serai, bunga pekak, daun salam, daun jeruk dan lengkuas sampai wangi. Menyusul bumbu halus, aduk-aduk sampai agak kering.
  3. Masukkan ayam, kari bubuk, garam, gula, merica dan santan. Didihkan.
  4. Setelah ayam matang masukkan daun singkong kemudian koreksi rasanya. Masak sampai bumbu meresap dan kuah agak menyusut. Matikan api.

7 komentar:

  1. Ini masakan orang sumatera bgttt....daun singkong selalu ada hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya di sumatera gampang ketemu gulai daun singkong ya bu

      Hapus
  2. aduuh..kayaknya sedap banget deh, tapi ngebaca bumbu2 nya udah pusing..haha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang bumbunya banyak tapi sepadan dengan rasanya lho hehe....Selain itu bumbu ini mudah kok ditremui di pasar tradisional.

      Hapus
  3. kalau aku.....daun ubi sama jengkol mbakkk....duhhh nikmat bangettttttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...jengkol itu emang makanan surga bagi yang doyan

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.