Halaman

Senin, 27 April 2015

Ketan Pisang Kukus

Assalamualaykum


Kemarin ketika tukang sayur habis mudik, dia bawa oleh-oleh untuk saya. Sebungkus beras ketan. Alhamdulillah.
Seneng rasanya jika dikasih oleh-oleh karena buat saya itu merupakan pertanda jika dia ingat dan sayang pada saya. Setelah diberi segera berpikir untuk memberdayakan beras ketan ini karena saya kemecer membayangkan ketan yang dikukus bersama dengan pisang. Aiihhh pasti enak ini. Kebetulan di kulkas ada pisang tanduk 2 buah dan kelapa parut beserta susu kental manis. Komplit dah. Akhirnya pagi-pagi saya bikin juga setelah beras ketannya direndam semalam. Jika kelupaan merendam semalam, direndam 1-2 jam dalam air dingin boleh juga kok. Cara bikinnya sama seperti membuat ketan kukus seperti biasanya. Setelah ketan dikukus setengah matang barulah pisang, kelapa parut dan air panas dimasukkan dan dikukus kembali sampai matang. Setelah matang dinikmati hangat sebagai sarapan anak dan suami. Komentar mereka "enaaaakkkk...."


Bahan :
300 gr beras ketan putih
150 ml air panas (diganti santan juga boleh)
1/2 sdt garam halus
1/4 butir kelapa agak muda, diparut memanjang
300 gr pisang tanduk/kepok/raja/uli, potong dadu

Pelengkap :
kelapa parut, kukus bersama sedikit garam
susu kental manis

Cara membuat :
  1. Rendam beras ketan selama semalam. Keesokan harinya tiriskan dan cuci berulang kali dengan air bersih. Ini bertujuan supaya ketan tidak mudah basi. Tiriskan.
  2. Kukus beras ketan dalam kukusan panas sampai setengah matang selama 20-25 menit. Angkat dan letakkan dalam baskom.
  3. Dalam mangkuk kecil/cangkir, campur air panas dan garam, tuang ke dalam ketan kemudian aduk rata. Menyusul kelapa parut, aduk rata. Diamkan selama 15 menit supaya meresap.
  4. Terakhir masukkan pisang dadu dan aduk rata kembali. Kukus selama 30 menit sampai matang. Sajikan ketan bersama kelapa parut dan susu kental manis.


4 komentar:

  1. Uwaaaa kbayang enak bgggtttt....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bayangin doang jadi ngiler dong hihi...hayuk bikin. Ini beneran enak banget

      Hapus
  2. Waah...jadi ngiler Mbak... Mbayangin ketan susu gini ... Manis gurih legit pastinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya manis gurih legit. Dan yang pasti cepet habis hihi

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.