Halaman

Minggu, 26 April 2015

Sambel Goreng Telur Puyuh Campur

Assalamualaykum


Ketika belanja di tukang sayur ketemu telur puyuh yang sebelumnya sudah diorder keluarga. Lama banget saya nggak masak pake telur puyuh.
Dan kemarin setelah direbus suami minta dibuatin sambel goreng telur puyuh. Ok deh. Selain telur puyuh saya beri tahu dan sayur juga. Sayur yang dipake kacang panjang, buncis dan wortel. Setelah matang jadinya banyak banget, hihi...Biarin deh hasilnya banyak supaya puas yang makan. Resepnya mirip seperti resep yang pernah saya buat ya.

Bahan :
20 butir telur puyuh, direbus, kupas kulitnya
350 gr tahu putih
3 lonjor kacang panjang, potong 2 cm
10 batang buncis, potong 1-2 cm
2 bh wortel, potong serong
200 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
500 ml santan encer (dari sisa perasan santan kental tadi)
3 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam
1 batang serai, memarkan
sepotong kecil lengkuas
3/4 sdt garam
1 sdt gula
1/4 sdt merica bubuk

Bumbu halus :
1 sdm ebi, rendam air panas sampai lunak, tiriskan
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 bh cabe merah besar
5 bh cabe merah keriting
3 cm kunyit
3 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Potong tahu bentuk dadu kemudian goreng sampai berkulit. Angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan kembali sedikit minyak, tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas. Tumis sambil diaduk-aduk sampai bumbu matang dan agak kering.
  3. Masukkan telur puyuh dan tahu goreng. Tuangi santan encer. Beri garam, gula dan merica. Masak sampai mendidih.
  4. Setelah santan agak menyusut, masukkan kacang panjang, buncis dan wotel. Tuangi santan kental dan biarkan mendidih. Cek rasanya. Masak sebentar kemudian matikan apinya.

5 komentar:

  1. ini masakan yang sering aq buat mba rina,. murah meriah soalnya,. hehe

    BalasHapus
  2. Ini kayak sayur lodeh ya mba ❓

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda ya, kalo lodeh biasanya pake tempe semangit dan minus cabe merah

      Hapus
  3. Ini kayak sayur lodeh ya mba ❓

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.