Laman

Sabtu, 25 April 2015

Bakwan Jamur Tiram

Assalamualaykum


Agak lama nggak bikin gorengan sendiri kok kepingin ya. Bakwan ini salah satu daftar lama yang mau dieksekusi.
Setiap hari ada jamur tiram di tukang sayur tapi kok nggak segera niat bikin bakwan, malah bikin resep lain. Kalo diitung berapa kali saya selingkuh resep ya hihi....bakwan ini adalah bakwan sayur biasa yang ditambahi jamur tiram didalamnya. Cukup enak nih. Tekstur jamur yang agak liat malah terkesan seperti gigit daging ayam. Setelah bikin bakwan jamur tiram, kapan-kapan bikin bakwan lagi dengan variasi berbeda ah. Yuk cekidot...

Bahan :
150 gr jamur tiram, disuwir-suwir
225 gr tepung terigu
25 gr tepung beras
1 sdm tepung tapioka/kanji/aci
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
250 ml air
1 bh wortel, serut
5 lembar kol, iris tipis
50 gr toge kacang hijau
1 batang daun bawang, iris halus

Bumbu halus :
1/2 sdt ketumbar
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 cm kunyit

Cara membuat :
  1. Suwir-suwir jamur tiram kemudian cuci bersih dan diperas. Sisihkan.
  2. Dalam sebuah wadah besar campur terigu, tepung beras, tapioka, garam, merica dan bumbu halus. Tuangi air sambil diaduk sampai rata, kental dan licin. Cek rasanya. Boleh ditambah kaldu bubuk dan penyedap rasa jika suka. Aduk rata. 
  3. Masukkan jamur tiram, wortel, kol, toge dan daun bawang, aduk rata. Panaskan minyak di atas wajan cukup banyak. 
  4. Dengan menggunakan sendok sayur, goreng adonan di pinggir wajan sambil dilebarkan. Siram-siram supaya lepas dari wajan, dan goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat bersama cabe rawit.

7 komentar:

  1. Salah ni pagi2 kesini...adda bakwannn.q suka bggtttt,diceklus biassa sm rswit ato cocol pake sambel pecel enak bgtttt

    BalasHapus
  2. Salah ni pagi2 kesini...adda bakwannn.q suka bggtttt,diceklus biassa sm rswit ato cocol pake sambel pecel enak bgtttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...aku paling seneng sambil nyeplus rawit ijo. Seger gitu.
      Pake sambel pecel juga ok. Apalagi tiap hari bakul pecel lewat depan rumah dan sering beli bakwan diguyur sambel pecel. duh mendadak lafar banget inih....

      Hapus
  3. Laah... kok bs ni mba, aku bbrp hr yg lalu jg abia bikin bakwan jamur, tp tnpa kol... niat awalnya mau dipepes, eh pas mau metik daun pisang, ujan gede, akhirnya dijadiin bakwan, gak nyangka trnyata enak bgt.. hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang, jamur ternyata cocok juga dijadikan bakwan ya

      Hapus
  4. Waah...ngeceess abiis...... Saya dulu mbikin di kumamoto pake jamur shitake. Belum pernah mbikin pakai jamur tiram...

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak lho um teksturnya seperti daging ayam. Kalo jamur shitake malah belum pernah karena belum nemu di ciledug. Enak pastinya pake jamur shitake

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.