Halaman

Selasa, 10 Maret 2015

Onde-Onde Ketan Hitam Isi Tape Keju

Assalamualaykum


Masih dalam kondisi sariawan tapi saya tetap bikin cemilan untuk orang rumah. Kali ini bikin onde-onde mumpung ada stok tepung ketan.
Tepung ketan yang dipake dua macam ya, tepung ketan putih dan hitam. Sedang isinya pake tape keju bukan kumbu kacang ijo seperti biasa. Untuk kulitnya saya mencoba menggunakan kentang kukus supaya tidak alot setelah dingin. Dan bener saja setelah dingin nggak alot. Cuma kok kempes dan agak gepeng ya setelah dingin. Padahal nggak ditumpuk tuh onde-ondenya. Mungkin karena isinya pake tape yang lembek dan mengandung air bikin kulitnya jadi mleyot ya (pendapat pribadi entah bener atau nggak). Dari segi rasa, onde-onde isi tape keju ini lumayan enak sebagai variasi. Tapi favorit orang rumah tetep yang pake isi nougat. Meski begitu onde-onde ini cepat ludes juga. Alhamdulillah...

Bahan kulit :
200 gr tepung ketan putih
50 gr tepung ketan hitam
50 gr kentang kukus, haluskan
1/8 sdt garam
60 gr gula pasir
175 ml air hangat
air dingin secukupnya untuk celupan
100-150 gr wijen putih

Isi :
150 gr tape singkong yang empuk dan matang, haluskan menggunakan garpu
75 gr keju cheddar, diparut

Cara membuat :
  1. Isi : Campur tape singkong dan keju sampai rata. Bagi adonan menjadi 25 bagian. Bulatkan dan sisihkan.
  2. Kulit : dalam wadah besar campur kedua macam tepung ketan, kentang halus, garam dan gula pasir, aduk rata. Tuangi air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai rata, kalis dan bisa dibentuk/dipulung.
  3. Bagi adonan jadi 25 bagian. Ambil satu bagian adonan kulit, pipihkan hingga berbentuk cekungan, beri isi kemudian bulatkan lagi. Celupkan sebentar dalam air kemudian gulingkan di atas wijen sampai rata. Lakukan sampai adonan habis.
  4. Panaskan minyak banyak di atas wajan menggunakan api kecil. Setelah hangat masukkan onde-onde dan goreng sampai matang. Angkat dan tiriskan.
Hasil : 25 buah



7 komentar:

  1. kue favorit nih...wah enak donk mba ya kalau isi tape dan keju...belum pernah makan...sayang ga ada yang jual onde onde isi begini ya...padahal pengen nih...mau buat malas..he he he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...iya aku juga kalo nggak mood banget juga muales banget bikin ini. Lumayan deh isi tape kejunya. Kalo penggemar tape pasti doyan cemilan kayk gini.

      Hapus
  2. Selalu kreatiiif kreasinya mba Rina...
    aku doyan tape mba, enak ini pasti

    BalasHapus
  3. Selalu kreatiiif kreasinya mba Rina...
    aku doyan tape mba, enak ini pasti

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss aku juga demen tape lho...

      Hapus
  4. Sepengetahuan sy mah, kulitnya mleyot krn tmbahan kentang itu bikin tekstur empuk tp ga kokoh bentuknya, sy pribadi lbh milih yg dicampuri tepung sagu+terigu mba, digoreng ngga mletus dan bntuknya juga tetep bunder mba...

    *jadi pengen....

    BalasHapus
    Balasan
    1. woooo gitu ya, Kapan-kapan aku nyontek resepnya ya bu gulu biar bisa bikin onde-onde yang cantik bunder dan nggak mleyot

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.