Halaman

Jumat, 13 Maret 2015

Nasi Ayam Kukus

Assalamualaykum


Sudah lama nih nggak bikin olahan nasi. Padahal sudah bookmark beberapa resep, tapi kok ya dianggurin mulu.
Sudah dianggurin, akhirnya malah selingkuh bikin resep lain hihi....kemarin saya kok kepingin bikin nasi yang dicampur dengan ayam ya. Mirip dengan nasi tim tapi dibungkus daun pisang supaya sedep aromanya. Ayamnya dimasak dengan bumbu kuning dulu seperti opor gitu, kemudian bikin nasi aron yang mirip nasi uduk. Setelah diaroni, nasi dan ayam dicampur, dibungkus daun pisang selanjutnya dikukus. Setelah matang hasilnya enak banget lho. Bisa dipake sebagai bekal sekolah atau piknik. Tinggal dilengkapi dengan sambal, lalapan, kerupuk dan bawang goreng. Sayang ketika dipoto ada pelengkap yang lupa disertakan. Barulah ketika diedit kok kayak ada yang kurang. Ternyata, huwaaaaa keliatan kosong melompong....


Bahan opor ayam :
1/2 ekor ayam, dipotong 12 bagian
2 lbr daun salam
2 cm lengkuas
3 lbr daun jeruk
1 batang serai, memarkan
2 cm kayumanis
2 kuntum cengkih
400-500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 sdt garam
1,5 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk

Bumbu halus untuk opor :
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 cm kunyit
3 butir kemiri
1 sdt ketumbar

Bahan nasi :
300 gr beras
400 ml santan dari 1/2 butir kelapa (ukuran santan menyesuaikan jenis beras)
2 lbr daun pandan
1 sdt garam
daun pisang secukupnya

Pelengkap :
sambal, lalap, kerupuk, bawang goreng

Cara membuat :
  1. Opor ayam : panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus sampai wangi. Menyusul daun salam, lengkuas, daun jeruk, kayumanis dan cengkeh. Aduk aduk sampai bumbu matang.
  2. Masukkan ayam, santan, garam, gula dan merica bubuk. Biarkan sampai mendidih dan santan mengental. Jangan lupa koreksi rasanya. Matikan api dan sisihkan.
  3. Nasi : jerang santan, daun pandan dan garam sampai mendidih. Masukkan beras dan masak sampai santan habis diserap beras. Matikan api. Masukkan opor ayam beserta kuahnya, aduk rata.
  4. Ambil daun pisang, letakkan nasi opor di atasnya, lipat kedua sisinya ke tengah menutupi nasi, kemudian lipat kedua ujungnya ke bawah. Lakukan sampai nasi habis.
  5. Kukus dalam dandang panas selama 30-40 menit. Sajikan bersama pelengkap.

4 komentar:

  1. Hadeww...liat ini pas jam mo tidor. Mendadak lapeeer... bisa-bisa mimpi maem nasi ayam inih, wkwkwk >.< :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi.....kalo ngimpinya makan-makan kan malah asik tuh *makan mulu yang dipikir*

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.