Laman

Senin, 09 Maret 2015

Orem-Orem (Malang)

Assalamualaykum


Pernah dengan orem-orem ? Orem-orem adalah salah satu masakan tradisional dari Malang, Jawa Timur. Saya tertarik dengan resepnya yang dimuat di tabloid saji.
Ini pertama kalinya saya masak orem-orem. Melihat bahannya yang sederhana, terdiri dari tahu tempe dan ayam, langsung kepincut deh pingin masak. Berhubung saya nggak punya stok ayam dan ada tetelan beku di freezer, akhirnya saya pake aja. Aslinya orem-orem ini disajikan bersama lontong, tapi saya pake nasi karena lupa nggak beli lontong di pasar. Seperti umumnya masakan Jawa, orem-orem ini dimasak menggunakan santan yang yang menghasilkan rasa gurih di lidah. Bumbunya pun sederhana dan saya yakin pasti tersedia di dapur teman-teman ya. Daging tetelan yang dimasukkan membuat semakin gurih citarasa orem-orem ini. Hasilnya walaaaa...enak banget. Keluarga suka. Kuahnya gurih, manis sedikit asem karena pake tomat ijo. Seandainya pake belimbing wuluh/sayur pasti lebih segar rasanya. Di rumah orem-orem ini makannya digadoin nggak pake nasi. Kalo seperti ini hasilnya, bisa lebih sering masak orem-orem nih hihi....

Bahan :
250 gr tetelan sapi
500 ml air
10 bh tahu goreng segitiga
200 gr tempe, dipotong sesuai selera
800 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 cm lengkuas, memarkan2 lbr daun salam
4 lbr daun jeruk purut
1 sdt garam
2 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
10 bh cabe ijo besar, potong serong
10 bh cabe ijo keriting, potong serong
2 bh tomat hijau ukuran kecil, potong bulat-bulat

Bumbu tumbuk :
1 sdt ketumbar
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm kunyit
3 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Rebus tetelan sapi bersama air sampai empuk. Angkat, potong tetelan agak kecil. Sisihkan air kaldunya.
  2. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis bumbu halus sampai wangi, menyusul lengkuas, daun salam, dan daun jeruk, aduk sampai rata.
  3. Masukkan tetelan, tahu dan tempe beserta air kaldu dan santan. Menyusul garam, gula dan merica. Masak sampai mendidih dan santan agak menyusut. Koreksi rasanya. Jika suka kaldu bubuk/penyedap rasa, silakan ditambahkan.
  4. Jika bumbu sudah meresap, masukkan semua cabe ijo dan tomat ijo, aduk-aduk sebentar. Angkat dari api dan sajikan.
** Padahal saya lagi kena sariawan, nekat aja masak pedas. Padahal posisi sariawan letaknya strategis di bibir bawah, tengah-tengah lagi ! Jika mingkem dan terkena gigi atas, wuih langsung berasa. Kepaksa sering ngowoh deh, hihi....Apalagi kalo makan soto atau sup dan aneka makanan berkuah, begitu kesenggol sendok plus kuah panas, langsung nangis bombay. Rasanya muantappp perih-perih sedaappp....(closing nggak penting abaikan saja yah).

8 komentar:

  1. Waah... Saya kok baru denger ya Mbak.... Taunya cuma arem-arem...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...sama ah kalo arem-arem hihi...

      Hapus
  2. Sy juga baru denger mba...

    Kalo tetelan paling pas dimaem dg nasi anget yg rada lembek tuh mba...
    Sluurrppff... jd pengen ke resto padang...
    Hihihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh kok resto padang ? lari ke dapur ajah bikin orem-oremnya bu gulu....

      Hapus
  3. hi hi hi mba Rina memang benar2 nekat...semangat mba..hajar sariawannya...
    sama dengan yang lain mba..baru tau ada yang namanya orem-orem, makan pake lontong memang mantap kayaknya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha kalo nggak pedes kayaknya nggak enak deh. Meski makan sambil pringisan ya tetep aja nggak mau ngalah sama sariawannya hihi...

      Hapus
  4. Sekilas mirip lodeh ya mba, aku jg blm pernah denger si orem-orem ini
    btw mba, ngikik aku baca closingnya :D
    cepet sembuh yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi mirip lodeh. Cabe ijonya nih yang bikin sedep

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.