Halaman

Rabu, 04 Maret 2015

Mie Goreng Tahu Bumbu Tauco Pedas

Assalamualaykum


Menu maksi di rumah saya pada hari minggu kemarin adalah mie goreng. Lama juga nggak bikin mie goreng.
Mie yang dibuat seperti mi goreng jawa pada umumnya. Tapi ada variasinya sedikit dengan ditambah tahu dan dibumbui tauco. Selain itu karena ada sisa sambal santan sisa menggoreng ikan cuwe/pindang, sekalian saya masukin juga 1 sdm biar pedas sedikit. Ternyata tahu dan mie cocok juga tuh. Enak. Orang rumah pada suka dengan olahan mie dan tahu ini. Cara bikin mie gorengnya seperti biasa ala DapurManis. Mie yang telah direbus diberi bumbu cair dan bubuk dulu baru kemudian dimasak di atas api. Cara seperti ini bertujuan supaya bumbu bisa merata. Jika tidak ada sambal santan, pake sambel tomat atau sambal bajak biasa juga bisa. Tertarik bikin mie ini ? Cekidot resepnya yuk...

Bahan :
150 gr tahu putih
140 gr mie telor kering
1 sdt kecap ikan
1 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/8 sdt merica bubuk
5 butir bawang merah, iris tipis
1 sdm sambal santan
1 sdm tauco
1 batang daun bawang, iris tipis
1 bh wortel, potong korek api
1 butir tomat merah, potong kasar
4 butir bakso, potong sesuai selera
1 butir telur, dibuat orak arik (lupa nggak pake, huhu..)
3 batang sawi hijau, potong 2 cm

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
1 sdt ebi, rendam air panas sampai lunak
3 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Potong tahu seperti korek api kemudian goreng sampai keering. Angkat, sisihkan
  2. Rebus mie telor sampai matang. Angkat dan segera rendam air dingin berulang kali sampai mie jadi dingin dan tidak lengket. Tiriskan. Tuangi dengan kecap manis, saus tiram, garam, gula pasir dan merica bubuk. Koreksi rasanya. Jika suka kaldu bubuk atau penyedap rasa boleh ditambahkan. Sisihkan.
  3. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah sampai agak kering menggunakan api sedang sambil diaduk-aduk supaya tidak gosong. Masukkan wortel, tomat, kecap ikan, bumbu halus, sambal santan, tauco dan daun bawang. Aduk-aduk sampai wortel setengah matang.
  4. Menyusul sawi, telur orak-arik, bakso, mie berbumbu dan tahu goreng. Aduk sampai rata. Jika dirasa terlalu kering tambahkan 50 ml air dan masak sampai mengering. Koreksi rasanya. Jika sudah pas angkat dari api dan taburi bawang goreng. Sajikan hangat.

4 komentar:

  1. Jadi penasaran Mbak....pengen nyoba bumbu tauco...

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba deh um masak mie pake tauco, pasti ada bedanya. Kalo orang jawa seperti kita lebih cocok tauco manis. Met nyobain ya um...

      Hapus
    2. sama mbaa, aku juga suka tambahin tauco di tumisan, jadi lebih gurih ^^

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.