Laman

Senin, 02 Maret 2015

Bakwan Misoa Dan Tahu

Assalamualaykum


Sekarang bikin gorengan lagi ya untuk menghabiskan sisa misoa di dapur. Selama ini saya cuma bikin misoa goreng jika ada stok misoa.
Sekarang pingin nyoba dibikin bakwan aja. Selain itu juga mau menghabiskan tahu kuning di kulkas. Bahannya sih sama seperti bakwan pada umumnya cuma ditambahi misoa dan tahu. Jika sudah punya resep bakwan andalan, gunakan saja ya tidak harus pake resep saya. O ya dulu saya pernah janji dengan mb Ridha untuk motret misoa kering, tapi filenya nyangkut entah dimana. Tempo hari ketika mindahin file ke flasdisk akhirnya ketemu. Huffftt lega deh akhirnya janji saya terpenuhi. Mb Ridha, ini lho penampakan misoa kering. Kayak bihun tapi warnanya putih buthek (keruh). Kemasannya tertulis misoa atau miswa atau misua. Beda merk terkadang beda ejaannya. Kapan-kapan kalo pas ke supermarket atau pasar jangan lupa beli ya.


Bahan :
1/2 bungkus (65 gr) misoa kering
150 gr tahu kuning potong dadu (pake tahu putih juga bisa)
200 gr tepung terigu
25 gr tepung beras
1 sdm tepung tapioka/kanji/aci
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
225 ml air
1 bh wortel, serut memanjang
5 lembar kol, iris tipis
1 batang daun bawang, iris halus

Bumbu halus :
1/2 sdt ketumbar
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 cm kunyit

Cara membuat :
  1. Rendam misoa dalam air hangat sampai lunak. Tiriskan dan potong-potong, sisihkan.
  2. Dalam sebuah wadah besar campur terigu, tepung beras, tapioka, garam, merica dan bumbu halus. Tuangi air sambil diaduk sampai rata, kental dan licin. Cek rasanya. Boleh ditambah kaldu bubuk dan penyedap rasa jika suka. Aduk rata. 
  3. Masukkan misoa, tahu, wortel, kol dan daun bawang, aduk rata.
  4. Panaskan minyak di atas wajan cukup banyak. Dengan menggunakan sendok sayur, goreng adonan di bagian pinggir wajan sambil dilebarkan. Siram-siram supaya lepas dari wajan, dan goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat bersama cabe rawit.

10 komentar:

  1. mba Rina...mau donk bakwan misoanya..kayaknya enak mba..
    eh aku sampai sekarang belum pernah beli misoa, padahal sering lihat di swalayan...(ha ha ha..siapa yang tanya ya...)
    kapan2 mau beli..mau coba bakwan misoanya mba Rina...hadeuh tapi kapan ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo kalo pas ke supermarket beli yah trus bikin bakwannya

      Hapus
  2. Anakku seneng bgt sama misoa. Pas deh resepnya. Besok bikin ah. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip mb dian. Semoga si kecil suka ya

      Hapus
  3. hoo..kaya gitu tho bentuknya misoa..
    aku juga belom pernah mba, baru liat ini hihi
    *keemmmane ajeee buuuk >.< :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...ayo kalo liat misoa dibeli trus dieksekusi misonya ya. Enak. Teksturnya lembuuut gitu...

      Hapus
  4. Wah, enak banget ini bakwannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. so pasti apalagi bagi penggemar gorengan macam saya hehe...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.