Laman

Jumat, 27 Februari 2015

Apam Nasi Snow White

Assalamualaykum


Daftar lama yang akhirnya saya bikin karena bingung yang mana harus dibuat duluan. Apam yang terkenal di tanah melayu Malaysia ini beneran membuat saya tergiur.
Sebabnya apalagi kalo bukan bahan yang mudah didapat. Bahannya cuma tepung beras, terigu, nasi beserta gula yang setiap hari ada di dapur. Sebagai pengembang saya menggunakan fermipan. Kemarin sempat tanya tanya sedikit kepada pemilik resepnya, mb Mimie yang sekarang jadi Bakul Kue di Dumai sono. Saya nyontek resepnya tapi hanya setengah bagian. Biar cepet habis gitu. Proses bikinnya saya modif karena ragi instannya baru saja keluar dari kulkas, sehingga diaktifkan dulu dengan cara dibuat biang. Setelah matang enak lho. Menul-menul spongi. Membal maksudnya. Teksturnya padat bikin gampang kenyang (lha wong pake nasi gitu) dan pori-porinya rapat, tapi tidak keras. Ketika motret saya nyicip sepotong dan ternyata kurang. Akhirnya comat comot beberapa kali entah lapar atau saking enaknya hihi....



Apam Snow White
Sumber : Jasmin's Kitchen
Modif : Rina Audie

Bahan :
6 gr ragi instant
1 sdt gula pasir
100 ml air hangat

125 gr tepung beras
60 gr tepung terigu serbaguna
150 gr gula pasir (terlalu manis sedikit buat saya)
1/4 sdt garam halus
100 gr nasi putih
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa, rebus, dinginkan

 Cara membuat :
  1. Biang : campur ragi instant, gula dan air hangat. Tutup dan diamkan selama 15 menit sampai berbuih.
  2. Dalam wadah besar campur tepung beras, terigu, gula pasir dan garam. Aduk rata dan sisihkan. Masukkan nasi dan sedikit santan ke dalam blender, proses sampai halus. 
  3. Masukkan nasi halus dan larutan ragi (biang) ke dalam campuran tepung. Aduk rata sambil dituangi sisa santan. Adonan yang terbentuk agak cair/encer. Tutup dan fermentasikan selama 1 jam sampai naik dan berbuih. 
  4. Siapkan loyang bentuk cincin diameter 18-20 cm, olesi minyak goreng. Panaskan kukusan sampai mendidih airnya. Ambil adonan, aduk aduk sampai buihnya hilang. Tuang ke dalam loyang dan kukus menggunakan api kecil-sedang sampai matang kurleb selama 35-40 menit. 

13 komentar:

  1. Aku suka iniiii....cantik ya mbk kl dicetak pke cetakan agar2^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo cantik sih udah pasti dooongg *narsis*
      selain cantik enak nih apamnya...

      Hapus
  2. Waa... Cantiik fotonya Mbak...

    BalasHapus
  3. Wih fotonya kece mak, pasti rasanya juga yahud

    BalasHapus
  4. canteeek mbaa.. bagi dunk sepotong

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih yaaa....boleeeehhh ambil aja ...

      Hapus
  5. Hmmmm.... naksiiirrr...

    Itu pake cetakan agar2 kah mba? Trs dikukus gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayuk bikin. Pake cetakan apa aja bisa. Pake cetakan putu ayu juga keren kok.

      Hapus
  6. Pengen nyobaaaa...
    Bole ditambah potongan nangka mba?
    Kalo ngk suka tlalu manis, kira² gulanya brp gram ya mba?

    BalasHapus
  7. Pengen nyobaaaa...
    Bole ditambah potongan nangka mba?
    Kalo ngk suka tlalu manis, kira² gulanya brp gram ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh banget kalo mau pake nangka, bikin wangi. Gulanya pake 125 gr aja

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.