Halaman

Rabu, 25 Februari 2015

Ikan Asap Masak Gurih

Assalamualaykum


Beberapa waktu lalu ketika belanja di tukang sayur, ndilalah kok kehabisan sayur mayur. Setelah dilihat-lihat ada sebungkus ikan asap.
Langsung main ambil aja karena udah lama nggak masak ikan asap. Ikan asap ini jika dimasak wanginya khas sangit-sangit gitu. Pertama kali makan ikan asap ketika tinggal di Bawen, Kabupaten Semarang. Di sana mereka nyebutnya iwak manyung atau manyung gitu aja. Biar tambah banyak saya tambahi tahu goreng juga. Lha kok cocok ya hehe...Bumbunya simpel aja mirip sambel goreng tapi pake terasi. Biar wangi diberi juga daun jeruk karena orang rumah ada yang kurang menyukai aroma sangit ikannya. Cara menumis bumbu agak beda sedikit dari biasanya. Bumbu yang ditumis pertama kali adalah rempah daun, baru menyusul bumbu tumbuk/bumbu halus. Sengaja sih untuk mendapatkan aroma wangi rempahnya. Jika biasanya yang ditumis pertama adalah bumbu tumbuk baru dimasukkan rempahnya, cobalah cara seperti dibawah ini. Pasti lebih wangi masakannya. Biar makin enak sebaiknya lauk ini menginap dulu semalam supaya bumbu makin meresap.


Bahan :
250 gr ikan asap, potong sesuai selera
10 bh tahu goreng segitiga (beli matang di tukang sayur)
1 lbr daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
4 lbr daun jeruk purut
1 batang serai, memarkan
200 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
500 ml santan encer dari sisa perasan santan kental
1 sdt garam
1-2 sdt gula merah/gula pasir
1/8 sdt merica bubuk

Bumbu tumbuk :
3 bh cabe merah besar
5 bh cabe merah keriting
3 bh cabe rawit merah
2 cm kunyit
1 sdt terasi bakar
1 butir tomat merah
2 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Rebus tahu dalam air mendidih selama 10-15 menit. Angkat dan tiriskan sampai dingin. Peras pelan-pelan satu persatu sampai airnya habis. Ini bertujuan untuk menghilangkan rasa dan bau asam pada tahu.
  2. Panaskan sedikit minyak goreng, tumis daun salam, lengkuas, dun jeruk dan serai sampai wangi. Masukkan bumbu tumbuk dan aduk-aduk sampai agak kering. Gunakan api agak kecil supaya tidak gosong.
  3. Masukkan tahu, ikan asap dan santan encer. Beri garam, gula dan merica bubuk. Masak sampai mendidih. Biarkan santan menyusut dan koreksi rasanya.
  4. Terakhir masukkan santan kental. Masak sambil sesekali diaduk supaya santan tidak pecah. Setelah mendidih matikan api.

8 komentar:

  1. aish,,boleh numpang ngiler buat lauk maksinya??hehehe...
    aku belum perna mask ikan asap,padahal disini buanyak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kebetulan dong kalo banyak ikan asap di sana. Bisa nyobain masak ikan asap tuh. Enak lho. Apalagi kalo udah nginep. uenak banget....

      Hapus
  2. waduh...pengen nyicip...pastinya enak banget....menyelerakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong ikan asap ini enak banget...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.