Halaman

Selasa, 24 Februari 2015

Hotdog Pao

Assalamualaykum


Setelah tempo hari bikin Bakpao isi Kacang Merah dan Ayam Pedas, sekarang bikin lagi. Belum bosen sama bakpao nih hihi...
Kali ini bakpaonya dikasih sosis seperti hotdog gitu. Bikinnya hanya setengah resep karena penghuni rumah tidak seberapa jumlahnya. Resepnya masih sama seperti kemarin kok. Menurut saya bakpao ini teksturnya empuk menul-menul dan lembut. Bisa jadi pilihan jika ingin bakpao lagi.
 
Hotdog Pao
Sumber : Bakpao Isi Kacang Merah dan Ayam Pedas
Modif : Rina Audie

Bahan biang :
150 ml susu cair hangat
1/2 pack (6 gr) ragi instant
1,5 sdm gula pasir

Bahan utama :
250 gr terigu protein rendah + 2-3 sdm terigu untuk cadangan
1/4 sdt garam halus
1,5 sdm gula pasir
1,5 sdm mentega putih, cairkan
kertas roti ukuran 8x8cm untuk alas bakpao

Isi dan pelengkap :
sosis ayam/sapi, tumis sebentar dengan mentega/margarin
ketimun, tomat, daun selada keriting
mayonaise, saus tomat, saus sambal

Cara membuat :

  1. Biang : campur semua bahan biang jadi satu dan diamkan 15 menit sampai berbuih.
  2.  Dalam mangkuk besar campur semua bahan utama kecuali mentega putih, buat lubang di tengahnya. Tuang biang ke dalamnya kemudian uleni sampai rata dan menggumpal. Jika lengket, masukkan terigu sedikit demi sedikit sampai tidak terlalu lengket.
  3. Masukkan mentega cair, uleni kembali sampai kalis elastis. Bulatkan kemudian tutup dengan serbet lembab dan fermentasikan di tempat hanagt selama minimal 1 jam (saya 1,5 jam).
  4. Setelah fermentasi berakhir kempiskan dan uleni sebentar untuk menghilangkan semua udara di dalamnya. Bagi adonan @ 50 gr, bulatkan. Ambil 1 buah bulatan kemudian tipiskan bentuk oval. Gulung sambil dipadatkan. Letakkan di atas kertas dan diamkan 15 menit.
  5. Panaskan kukusan sampai mendidih airnya. Kukus bakpao menggunakan api kecil-sedang selama 15 menit sampai matang. 
  6. Penyelesaian : belah bakpao memanjang tidak putus. Tata di atasnya daun selada, ketimun dan tomat. Letakkan sosis di atasnya. Semprotkan dengan mayo dan saus tomat/sambal. Sajikan
Hasil : 7-8 buah

8 komentar:

  1. duh,makin ngiler..kapan hari lihat tv food n traveler kuliner hotdog tapi warna hitam hehehe..lihat ini makin ngiler,di siak g ada yang jual :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gak ada yang jual bikin sendiri aja. Pake resepnya Sangjin itu yang no knead biar irit tenaga. Enak lho hotdog pao gini...

      Hapus
  2. wah ga kepikiran mba selama ini pao jadi hot dog..mantap idenya..pasti enak ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhuuu ayuk bikin buat variasi bakpao

      Hapus
  3. waduh..bakpao ayam yg kemaren blm kebikin, udah dibikin ngiler lagi ama hotdog pao >.<
    *comot satu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo bikin bakpao yang banyak biar bisa dikasih isian macam-macam

      Hapus
  4. Cantik dan kelihatan enak bgd ni hot dog paonya mbak...comot satu yaa

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.