Halaman

Kamis, 20 November 2014

Biterballen Kornet Jamur

Assalamualaykum


Sekarang bikin snack yang murah meriah dan praktis ya. Sekalian mau ngulang resep lama yang absen dari daftar saya.
Makanan ini sangat disukai orang rumah dan selalu cepat habis jika disuguhkan. Kali ini saya modif pake kornet ayam dan jamur kuping. Mumpung punya kornet sebanyak 450 gr, diberdayakan saja biar nggak mubazir. Lucunya kornet yang saya beli ini warnanya agak kemerahan kayak warna sosis. Jadi ketika diolah keliatan tuh biterballennya ada warna merah-merahnya. Resepnya sama dengan yang dulu kok. Bumbunya tetap pake biji pala supaya aroma khas biterballen nggak hilang. Setelah matang tekstur jamur kupingnya krenyes-krenyes deh. Pas dengan tekstur biterballen yang lembut dan sedikit lumer di lidah. Bikin yuuukk...

Biterballen Kornet Jamur
Sumber : Biterballen
Modif : Rina Audie

Bahan :
100 ml susu cair
200 ml air kaldu
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
1/4 sdt biji pala parut/bubuk
50 gr margarin
5 butir bawang merah, cincang kasar
2 siung bawang putih, cincang halus
1 batang daun bawang, iris halus
150 gr tepung terigu
150 gr kornet ayam
1 bh jamur kuping kering, rendam air hangat sampai mekar, cincang kasar

Pelapis :
1 butir telur ayam, kocok lepas
tepung roti/panir kasar secukupnya

Cara membuat :
1. Dalam sebuah wadah campur susu cair, air kaldu, garam, merica bubuk, gula dan pala parut, aduk rata. Cek rasanya, sisihkan.
2. Masukkan terigu dalam sebuah wadah kemudian tuangi larutan susu dan kaldu tadi. Tuang pelan-pelan sambil diaduk rata sampai menjadi adonan yang licin. Sisihkan.
3. Panaskan margarin sampai meleleh. Masukkan bawang merah, bawang putih dan daun bawang, aduk sampai wangi. Masukkan larutan terigu, kornet ayam dan jamur kuping, aduk sampai rata. Masak adonan sampai agak kering/kalis. Jangan lupa supaya diaduk sampai ke dasar wajan supaya tidak berkerak. Matikan api dan dinginkan.
4. Ambil selembar plastik dan olesi minyak goreng. Letakkan adonan sebanyak 1/2-1 sdm, bentuk bulat/oval sambil dipadatkan. Masukkan dalam telur kocok dan gulingkan dalam tepung panir. Biarkan selama minimal 30 menit supaya tepung panir melekat sempurna (saya simpan semalam di kulkas).
5. Panaskan wajan dengan minyak banyak. Goreng biterballen sampai kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Hasil : 15-16 buah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.