Halaman

Rabu, 19 November 2014

Sayur Lodeh Campur

Assalamualaykum


Musim hujan telah tiba. Alhamdulillah. Selama bulan November ini Ciledug sudah diguyur hujan hampir setiap hari.
Sebenarnya jika hujan begini saya seneng bingit karena udara tidak terlalu panas dan nggak repot nyiram tanaman hihi...pekerjaaan rumah berkurang satu deh. Cuma sebelnya kalo banjir ! Paling sedih deh kalo kebanjiran. Apalagi kalo sampai masuk rumah. Kalo yang tergenang cuma jalan depan rumah sih gak papa. Banjir itu capeknya berlipat-lipat. Ketika turun hujan harus sigap meindahkan barang ke lantai atas. Naik turun tangga bolak-balik bikin betis serasa "methekol" alias berotot mendadak. Setelah banjir surut harus ngepel lantai yang tergenang lumpur. Mau banjir tinggi atau rendah ngepelnya tetap sama. Harus berulang-ulang supaya lantai benar-benar bersih bebas lumpur. Lha ini kok malah curcol banjir, hihi...Sudah ah cerita banjirnya. Sekarang mau cerita dikit tentang lodeh aja ya. Sebenarnya sayur ini sayur ngawur ala saya. Lha gimana nggak ngawur ya kalo segala macam sayur dan tahu tempe dicemplungin jadi satu. Di kulkas ada beberapa sayur yang jika dimasak berasa nggak klop. Jumlahnya juga nanggung. Terus di freezer ada santan beku pulak. Asli deh bingung jadinya. Bisa jadi karena pikiran lagi blank dan moodnya hilang, jadi nggak tau mau masak apa. Akhirnya lihat stok bumbu dan diputuskan diberi bumbu lodeh aja. Setelah matang enak tuh hihi...lodeh ini dinikmati selagi hangat, ditemani cuaca dingin dan hujan rintik-rintik, alamaaakkk sedapnyaaa....

Bahan :
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut
700 ml santan encer
1 bh jagung manis, potong bulat
1 bh wortel, potong bulat
150 gr buncis, potong 2 cm
2 butir kentang, potong dadu
2 bh terong ungu, potong bulat
150 gr tempe, potong dadu
5 bh tahu goreng, dipotong-potong
5 bh cabe merah keriting, potong serong tipis
3 bh cabe hijau besar, potong serong tipis
2 lbr daun salam
1 potong lengkuas, memarkan
2-3 sdm rebon/rese/udang kering
garam, gula merah secukupnya
10 bh cabe rawit merah utuh

Bumbu halus :
1 sdt ketumbar
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm kencur
4 butir kemiri

Cara membuat :
1. Dalam sebuah panci rebus jagung manis, bumbu halus, santan encer, daun salam dan lengkuas sampai mendidih.
2. Masukkan semua sisa bahan seperti wortel, kentang, buncis, tempe, tahu, terong dan kedua macam cabe serta rebon. Didihkan kembali. Tuangi dengan sisa santan. Beri garam dan gula merah. Masukkan rawit merah.
3. Didihkan sekali lagi sambil diaduk aduk supaya santan tidak pecah. Cek rasanya. Jika telah matang matikan api. Sajikan.


4 komentar:

  1. Sayur lodehnya kompliit :D
    mudah2an ga banjir ya mbaa..kebayang rempong dan capeknya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin makasih tuk doanya. Itu sayur antara komplit dan ngawur campur aduk deh hihi...

      Hapus
  2. wah,sayur lodehnya kayak gitu ya..macam2 sayur hehehe..beneran baru tau hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha kan dalam rangka mengamalkan ilmu sesat bu gulu hihi....mana yang ada dicemplungin semuanya.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.