Laman

Selasa, 18 November 2014

Pecel Bihun

Assalamualaykum


Iseng saja sih sebenarnya bikin pecel bihun ini. Gimana nggak iseng kalo di depan rumah tiap hari lewat bakul pecel yang bawa bihun juga.
Kayak buang-buang waktu dan kurang kerjaan ya bikin makanan yang bisa beli setiap saat. Yang bikin beda antara beli dan bikin sendiri adalah kepuasan. Puas kalo bikin sendiri. Ya kan ? Lagi pula kalo bikin sendiri bisa dapat banyak. Sedang kalo beli cuma dikit. Ibaratnya begitu bungkusnya dibuang udah lapar lagi hihi....(ketauan perut karet nih). Resep ini sangat simpel bikinnya tinggal bikin bihun goreng dan ngukus sayur serta bikin bumbu pecel. Biar hemat waktu bumbu pecel bisa dibuat sehari sebelumnya atau beli jadi. Kalo saya niatnya ngabisin stok bumbu pecel di kulkas sih. Bihun gorengnya dibuat dengan bumbu yang ringan saja tidak perlu terlalu tajam karena nantinya diguyur dengan bumbu pecel yang kaya rasa. Dinikmati dengan gorengan seperti bakwan atau tempe mendoan, pas banget.

Bahan bihun goreng :
1 bks (160 gr) bihun jagung kering
4 sdm kecap manis
1/2-1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 batang daun bawang, iris halus

Bumbu halus :
5 bh bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica bulat
4 butir kemiri

Cara membuat :
1. Rebus bihun sampai matang, angkat dan tiriskan. Siram dengan air dingin beberapa kali sampai menjadi dingin. Tuangi bihun dengan kecap manis, garam dan gula pasir, aduk rata dan cek rasanya. Jika suka bisa ditambahkan kaldu bubuk atau penyedap rasa. Sisihkan.
2. Tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan daun bawang dan bihun berbumbu. Aduk rata sampai ke dasar wajan. Cek rasanya. Jika telah matang matikan api.

Bahan bumbu kacang :
250 gr kacang tanah goreng, haluskan (saya dipanggang biar irit minyak)
5 butir bawang putih
4 cm kencur
5 bh cabe merah besar
5 buah cabe merah keriting (kalo mau pake cabe rawit juga boleh)
5 lembar daun jeruk purut
100 gr gula merah, sisir tipis
1/2 sdt garam
2 sdm air asam jawa

Sayur kukus/rebus (sayur yang dipake sesuai selera ya) :
1 ikat kangkung, siangi
50 gr toge/kecambah
100 gr kol, iris tipis
10 lonjor kacang panjang, potong 2 cm (saya nggak pake)

Pelengkap :
ketimun dan tomat

Cara membuat :
1. Goreng bawang putih, cabe merah besar, cabe keriting dan kencur sampai layu dan matang. Angkat da tiriskan.
2. Haluskan bumbu yang telah digoreng tadi bersama garam dan daun jeruk purut.
3. Masukkan gula merah, uleg sampai rata. Masukkan air asam jawa, aduk rata.
4. Campur kacang halus dan bumbu halus, aduk sampai rata. Bumbu pecel siap digunakan.
5. Jika akan dikonsumsi, ambil bumbu kacang secukupnya kemudian tuangi air panas dan aduk rata sampai kental.
6. Penyajian : tata bihun dan sayur kukus di atas piring kemudian tuangi dengan bumbu kacang. Sajikan.


2 komentar:

  1. mbak rina..salam kenal..yan mau ambil resepnya..mohon di halalkan..mau coba..berbeda bahannya dengan pecal bunda..

    iryantyahamad.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga. Silakan. Semoga berkenan dengan resep ini ya

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.