Halaman

Senin, 20 Oktober 2014

Martabak Telur Mini Isi Daging

Assalamualaykum


Martabak ini saya buat karena kangen dengan martabak telur mini yang biasanya saya nikmati di Solo dulu. Selain itu saya kangen ingin melemaskan tangan bikin kulit risol. Kurang kerjaan deh, hihi....
Apalagi jaman SD dulu ibunya teman saya tiap hari bikin sosis solo dan martabak mini, fresh tiap hari. Saya sering disuruh ibu untuk membelinya. Martabak mini ini menggunakan bumbu kari bubuk untuk mendapatkan citarasa khas martabak. Sedang kulitnya saya pake kulit risol. Kulit risol ini saya modif dengan menggunakan yeast/ragi instant. Iseng aja sebenarnya sambil ujicoba bisakah resep ini menghasilkan kulit risol yang empuk, lentur sekaligus hemat telur. Ternyata bisa. Untuk 250 gr terigu bisa menghasilkan 22-24 lembar kulit. Kalo sudah mahir bisa lebih banyak kali. Setelah jadi martabak, Alhamdulillah kulitnya tidak keras. Setelah dingin pun tetap lembut dan tidak alot ketika digigit. Adapun untuk isiannya standar aja terdiri dari daging sapi, daun bawang dan telur bebek.

Bahan kulit :
250 gr tepung terigu serbaguna
1/2 sdt yeast/ragi instant
1/2 sdt garam
1 butir telur utuh
400-500 ml susu cair
3 sdm minyak goreng

Bahan isi :
175 gr daging sapi, cincang kasar
2 sdt bumbu kari bubuk
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sdt jintan
1 sdt ketumbar
3 butir kemiri
1 sdt garam
1/2 sdt gula
300 gr daun bawang, iris tipis
1 butir bawang bombay, iris kasar
3 butir telur bebek

Cara membuat :
  1. Kulit : campur terigu, garam, yeast instan, telur dan susu, aduk sampai rata. Diamkan di tempat hangat selama 1 jam. Adonan akan sedikit naik atau mengembang. Aduk-aduk kembali supaya adonan mengempis. Masukkan minyak goreng dan aduk rata kembali.
  2. Panaskan wajan datar anti lengket diameter 22cm. Tuang 1 sendok sayur dan buat dadar sampai matang. Lakukan sampai adonan habis. Sisihkan.
  3. Isi : Haluskan bawang merah, bawang putih, jintan, ketumbar dan kemiri. Tumis dengan sedikit minyak sampai wangi. Masukkan kari bubuk dan daging cincang, aduk rata. Beri garam dan gula serta koreksi rasanya. Masak sampai matang. Angkat dan dinginkan.
  4. Dalam wadah besar campur daun bawang, bawang bombay dan tumisan daging. Masukkan telur bebek kemudian aduk rata. Koreksi rasanya.
  5. Ambil 1 lembar kulit, beri 1-2 sdm isian daun bawang+daging. Lipat bentuk amplop.Lakukan sampai adonan habis.
  6. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng martabak sampai matang kuning kecoklatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.