Halaman

Sabtu, 09 Agustus 2014

Cilok Ebi

Assalamualaykum


Setelah lebaran berakhir dan merasa eneg makan kukis saya kok pingin makan yang gurih-gurih. Sebenarnya pingin bikin tempe mendoan tapi tempenya langka.
Akhirnya buka stok bahan di dapur dan ketemu tepung tapioka. Sudah lama anak saya pingin makan cilok yang dibuat sendiri. Supaya beda dari yang dulu cilok ini saya beri ebi yang dihaluskan supaya gurih. Dan bener saja kalo pas kegigit ebinya jadi gurih-gurih asin. Selain itu takaran tapiokanya saya tambahi 50 gr lebih banyak daripada terigu supaya lebih kenyal. Alhamdulillah teksturnya tidak alot meki sudah dingin.

Bahan :
3 siung bawang putih
1 sdm ebi yang sudah direndam air panas sampai empuk.
200 gr aci/tapioka/kanji
150 gr tepung terigu
1 batang daun bawang, iris halus
300-350 ml air kaldu
1/2 sdt garam
Tepung terigu untuk cadangan
Saus tomat/sambal
Kecap manis

Bumbu kacang :
200 gr kacang tanah goreng/sangrai/panggang, haluskan
5 siung bawang putih, goreng
5 buah cabe merah besar, goreng
5 buah cabe keriting, goreng
1/2 sdt garam
2 sdt gula pasir
300 ml air

Cara membuat :
1. Bumbu kacang : haluskan bawang putih goreng, cabe goreng dan garam. Tumis dengan sedikit minyak sampai harum. Masukkan air, menyusul kacang halus. Bumbui dengan garam dan gula pasir. Biarkan mendidih dan cek rasanya. Masak sampai bumbu mengental (tingkat kekentalan sesuai selera ya) dan keluar minyaknya. Angkat dan dinginkan.
2. Cilok : haluskan bawang putih dan ebi kemudian campur dengan aci, terigu dan daun bawang dalam wadah besar, aduk rata dan sisihkan.
3. Rebus air kaldu dan garam sampai mendidih. tuang kedalam campuran aci tadi sambil diaduk menggunakan sendok kayu, sedikit demi sedikit sampai bisa dipulung. Air jangan dituang semua. Lihat dulu kondisi tepung, jika dirasa sudah cukup, hentikan penggunaan airnya. Biarkan jadi hangat. Dengan menggunakan tangan, uleni sampai rata dan kalis. Jika terlalu lembek tambahkan terigu sedikit demi sedikit sampai bisa dipulung. Bentuk bulat-bulat.
4. Panaskan air dalam panci sampai mendidih. Rebus bulatan tadi sampai mengapung. Setelah mengapung lanjutkan merebus selama 10-15 menit supaya matang sampai ke dalam. Angkat dan tiriskan.
5. Sajikan cilok bersama dengan bumbu kacang, saus tomat/sambal dan kecap manis.

4 komentar:

  1. wahhhh..... aku udh bikin 2 kali cilok ini mb.
    selain dapat banyak ketimbang beli... lbh enak dr yg di jual2 ya mbak...
    kita buka lapak cilok yuk mbak..hahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaa....ayo kita join jadi bakul cilok...

      Hapus
  2. nyamm..enak bgt buat cemilan nih.. sepiring mah kurang, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul. bawaannya cuma comat-comot mulu ya hihi...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.