Halaman

Selasa, 12 Agustus 2014

Bihun Dan Otak-Otak Goreng Bumbu Kacang

Assalamualaykum


Setelah bikin cilok ebi saya juga bikin bihun goreng supaya bisa dimakan dengan sambel kacang. Saya biasa makan bihun pake bumbu kacang.
Bahkan kalo masak pecel kadang bikin bihun goreng karena klop dimakan dengan pecel. Tapi kalo bihun dan bumbu kacang doang rasanya kok biasa-biasa saja. Setelah browsing kecantol dengan resepnya mb Endang JTT. Bihun gorengnya dimakan dengan otak-otak goreng ! Sip deh. Otak-otak kan biasa dimakan pake bumbu kacang juga selain saus cabe/tomat. Untung di kulkas ada stok otak-otak. Segera saja digoreng untuk teman makan bihun. Setelah dicicip enak deh. Sekarang saya punya variasi makan bihun pake lauk otak-otak nih. Bihun gorengnya saya buat minimalis saja supaya tidak terlalu rame isinya. Hanya bihun sawi dan wortel saja. Saus kacang yang dipake bisa pake saus kacang untuk cilok atau bumbu pecel siap pake supaya praktis.

Bahan :
125 gr bihun jagung kering
3 sdm kecap manis
1,5 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
5 butir bawang merah, iris tipis
1 sdt kecap ikan/asin
1 batang daun bawang, iris halus
1 bh wortel, potong/serut bentuk korek api
5 batang sawi hijau, potong-potong

Bumbu halus :
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica bulat
4 butir kemiri
1 sdm ebi yang sudah direndam air panas sampai empuk

pelengkap :
Bumbu Kacang ( resep disini ) ---> bisa diganti bumbu pecel siap pake
Otak-otak ikan siap pake, digoreng
bawang goreng

Cara membuat :
1. Rebus bihun sampai matang, angkat dan tiriskan. Siram dengan air dingin beberapa kali sampai menjadi dingin. Tuangi bihun dengan kecap manis dan saus tiram. Beri garam dan gula pasir, aduk rata dan cek rasanya. Jika suka bisa ditambahkan kaldu bubuk atau penyedap rasa. Sisihkan.
2. Tumis bawang merah dan bumbu halus sampai wangi. Masukkan kecap ikan, daun bawang dan wortel, aduk rata. Biarkan wortel matang.
3 Masukkan sawi hijau dan bihun berbumbu. Aduk rata sampai ke dasar wajan. Cek rasanya. Jika telah matang angkat bihun dan sajikan hangat beserta pelengkap.


4 komentar:

  1. Duuuh, jd inget jajanan masa SD... heheh... dulu itu sebungkusnya "cepe" alias Rp.100 perak.. bihun disiram sambal kacang... hmmm... kangen....

    :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. jajanan kayak gini jadul udah paling enak ya hihi...

      Hapus
  2. menyesal saya datang di mari....
    menyesal krn cm bs melototi gambarnya thok.... :(
    mauuuuuuuuuuuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...bikin gih biar nggak ngiler...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.