Halaman

Kamis, 14 Agustus 2014

Bluder Cake Pisang Coklat

Assalamualaykum


Karena ada stok pisang ambon yang mulai kehitam-hitaman kulitnya harus segera mikir untuk dihabisi. Setelah browsing kesana kemari saya kecantol dengan resep dari Sajian Sedap.
Resep aslinya bernama Bluder Cake Pisang. Setelah baca resepnya dan saya yakin punya bahannya segera deh dieksekusi. Tapi seperti biasa dimodifikasi biar sesuai selera. Bluder ini saya beri tambahan coklat bubuk karena di rumah pasti pada doyan. Baking powder saya hilangkan dan hanya memakai ragi instant saja sebagai pengembangnya. Setelah matang bluder ini teksturnya antara cake dan roti. Bingung nggak sih hihi...Tapi bagaimanapun tetep enak. Buat teman ngeteh atau ngopi pas banget.

Bluder Cake Pisang Coklat
Sumber : Sajian Sedap
Modif : Rina Audie

Bahan biang :
1,5 sdt ragi instant
1 sdt gula pasir
150 ml air hangat

Bahan utama :
175-200 gr pisang ambon (bisa diganti pisang uli/kepok/raja yang benar-benar matang dan lunak teksturnya)
100 gr margarin
125 gr gula pasir
1/8 sdt garam halus
2 butir telur utuh ukuran besar
275 gr tepung terigu
25 gr susu bubuk
30 gr coklat bubuk

Cara membuat :
  1. Biang : campur semua bahan, aduk rata dan diamkan selama 15 menit sampai mengembang.
  2. Siapkan loyang tulban diameter 22cm tinggi 10cm, olesi margarin dan taburi terigu, sisihkan.
  3. Haluskan pisang menggunakan garpu asal kasar saja, sisihkan. Campur terigu, susu bubuk dan coklat bubuk, sisihkan.
  4. Kocok margarin, gula pasir dan garam sampai lembut. Masukkan telur dan pisang, kocok sampai rata.
  5. Masukkan campuran terigu sambil diayak berselang seling dengan biang sambil dikocok sampai rata. Jika dirasa berat matikan mixer dan aduk menggunakan sedok kayu sampai rata. Adonan yang terbentuk sangat kental dan pekat.
  6. Tuang ke dalam loyang dan goyang-goyangkan supaya permukaannya rata. Fermentasikan di tempat hangat selama 45 menit sampai mengembang..
  7. Panaskan oven dengan suhu 180°C. Panggang adonan selama 35-40 menit sampai matang. Lakukan test tusuk.
Note :
:: Gunakan loyang berdinding tinggi karena adonan akan mengembang/naik ketika difermentasi. Setelah masuk oven dan dipanggang adonan akan naik kembali bahkan melebihi dinding loyang.


8 komentar:

  1. pernah lihat resep bluder cake di blog mb hesty...
    pensaran sm rasanya mb...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk bikin, enak nih. Di rumah pada doyan bluder cake gini...

      Hapus
  2. Aku pernah bikin cake bluder tape..
    Hmmm... wangi... lembut, bahkan ngeprul abiiizzz....

    Sayang ga kepoto... males kumat....
    Heheh... :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya rencana mau bikin bluder tape kalo tukang tapenya mau jualan. Enak ya...

      Hapus
  3. wah bluder cake ini rasax spt roti ya mbak.. suamiku suka sekali dg rasa cakenya kutambahx dg taburan keju.. kami jadikan saraan pagi sambil minum milo yg dibawa sepupu dr malaysia.. wih sedaaaap hehe.. thx resepnya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduuuhhh telat baca laporannya. maaapp. Memang pas ya buat teman minum milo. Apalagi ditambah keju gitu, makin sip markusip...

      Hapus
  4. Met pagi mbk rina.... Semalem pisang raja hasil comotan dr tuwuhan yg ada d jagong an sdh saya bikin jd bluder cake sprti resep d atas. Aq tambahi cococips. Tp krn bikinnya mlm nudah keburu ngantuk, waktu fermentasinya krg,jd ngembangnya g penuh. Boleh nggak mbak, klo adonannya di inapkan semalam d dlm kulkas. Misal dr jam 10mlm smpi jam5 pagi ? Makasih... Salam kenal. Ria....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah belum pernah bikin seperti itu tuh. Takutnya jadi asem kalo fermentasi semalam meski di dalam kulkas. Kalo untuk adonan roti/bread sih sudah pernah dan nggak apa meski masuk kulkas semalam. Itu yang pertama. Yang kedua, kalo adonan yang baru keluar dari kulkas (dingin banget) langsung dioven, apa bisa mateng sempurna ya. Karena setauku adonan yang akan dioven harus bersuhu ruang dulu. Jadi nggak berani bilang "boleh" untuk kasus seperti itu.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.