Laman

Sabtu, 16 Agustus 2014

Misoa Goreng Tepung

Assalamualaykum


Seumur umur saya belum pernah tau yang namanya misoa apalagi memakannya. Sewaktu masuk di fb ndilalah ada yang upload misoa goreng.
Selang beberapa hari mb Diah Didi juga bikin misoa. Langsung ngiler deh liat picnya. Meski ngiler saya nggak segera bikin karena kalo ke pasar selalu lupa mau beli misoa kering. Beberapa hari yang lalu baru deh ingat beli misoa ini. Sebungkus kecil 130 gr harganya 5 ribu. Lebih mahal daripada mie telur ataupun bihun. Setelah sampai di rumah ngecek stok ayam, alhamdulillah masih ada. Sore hari langsung saya bikin dan esok harinya saya goreng dengan balutan tepung. Adonan tepung yang dibuat mirip tempe mendoan ya. Setelah matang dan ngicip ternyata enak banget. Sekali makan habis 3 potong hahaha....ketauan cheating berat nih. Tapi bapaknya anak-anak malah nggak doyan, hihi.... Meski begitu saya dan anak-anak comat-comot melulu. Alhasil misoa goreng ini cepat ludes !!

Bahan :
130 gr misoa kering
1 batang wortel, serut kasar
75 gr ayam giling
1 batang daun bawang, iris halus
900 ml air
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Bumbu halus :
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1/2 sdt merica butiran

Adonan tepung :
2 siung bawang putih
1/3 sdt ketumbar
2 butir kemiri
1/2 sdt garam
125 gr terigu
150-175 ml air

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang persegi ukuran 18x18 cm, alasi kertas roti dan olesi minyak goreng.
  2. Panaskan sedikit minyak di atas wajan, tumis bumbu halus sampai wangi dan matang. Masukkan ayam giling, wortel dan daun bawang. Aduk sampai rata.
  3. Tuangi air. Masukkan garam dan gula pasir. Jika suka boleh diberi kaldu bubuk. Biarkan mendidih dan koreksi rasanya.
  4. Masukkan misoa dan masak sampai airnya menyusut, tinggal sedikit tapi jangan terlalu kering.
  5. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Dinginkan supaya padat (saya diamkan di suhu ruang selama 2 jam kemudian masuk kulkas semalam).
  6. Adonan tepung : haluskan bawang putih, ketumbar, kemiri dan garam. Campur bumbu halus dan terigu dalam wadah besar dan tuangi air sampai rata dan kental.
  7. Keluarkan misoa dari loyang dengan cara dibalik, buang kertas rotinya dan potong jadi 24 bagian. 
  8. Panaskan minyak goreng di atas wajan. Celup setiap potongan ke dalam adonan tepung dan goreng sampai kuning kecoklatan. Sajikan bersama cabe rawit, saus sambal atau saus tomat.
Hasil : 24 buah


10 komentar:

  1. Sy pun blm prnah ngicip misoa mba...
    Hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk bikin. Enak nih. Rasanya lebih lembut daripada mie atau bihun. Bikin nagih pokoknya hihi...

      Hapus
  2. walahhh...baru makan tho mbak....
    aku sering bikin buat tetangga kalau ada kenduri gt.
    buatnya gampang dan jadinya banyak..hahah.
    di tambahin ebi bumbu halusnya mbak... tambah wenakkk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh baru tau nih. Nyesel kenapa nggak dari dulu ya kalo misoa goreng ni enak.
      Setelah bikin, sempat kepikir juga pingin bikin pake bumbu ebi biar tambah enak.

      Hapus
  3. samaaa mba, belom pernah nyobain dan ga ngerti juga bentuknya kaya apa.. Kalo liat yang udah digoreng sama tepung gini kok jadi inget tahu isi ya, heheu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. misoa kering nih bentuknya putih kayak mie tapi kecil-kecil gitu. Lebih lembut daripada mie. Kalo di sana ada misoa cobain aja. Lumayan buat cemal cemil...

      Hapus
  4. Mumpung masih bulan syawal. Maaf lahir batin ya mbak rina. Kalo ada kata2 selama ini yg salah. Salim*

    Misoa aq yo blum pernah nyoba je mbak. Coba potoin bungkus nya donk mbak nek sempet. Koyo piye sih bentuk nya? Melu penasaran*

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf lahir batin juga mb Ridha. Lama baru keliatan nih hihi...
      Insya Allah kalo beli lagi aku potoin ya misoa mentahnya. Mirip dengan mie tapi ukurannya lebih kecil dan warnanya putih buthek gitu hihi...keruh maksudnya. Kalo dah matang rasanya lebih lembut daripada mie biasa.

      Hapus
  5. thanks mbak....ini yang di cari...coba dulu ya

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.