Laman

Rabu, 18 Juni 2014

Pisang Rai (Bali)

Assalamualaykum


Setelah bikin brongkos acara saya lanjutkan bikin snack. Snack yang saya pilih adalah pisang rai. Udah lama pingin bikin tapi kok tertunda terus.
Sengaja pilih pisang rai karena penyelesaiannya tidak digoreng melainkan direbus. Setelah direbus digulingkan di atas kelapa parut. Sebagian resep ada yang menyertakan kinca gula merah, tapi saya tidak membuatnya karena ingin tau rasanya tanpa ditambahi yang manis-manis. Ternyata cukup enak lho. Manis dari pisang dan kulit yang agak kenyal dinikmati dengan parutan kelapa yang gurih. Ih sedep deh...

Bahan :
100 gr tepung beras
50 gr tepung tapioka/kanji/aci
1/2 sdt garam
125-150 ml santan panas
1/2 sdt pasta pandan
7 bh pisang uli (bisa diganti pisang kepok/raja/tanduk/raja)
1 liter air untuk merebus
2 lbr daun pandan

Taburan:
150 gr kelapa parut
1/4 sdt garam halus

Cara membuat :
  1.  Siapkan dulu taburan kelapa parutnya. Campur kelapa dan garam kemudian kukus selama 15 menit. Sisihkan.
  2. Dalam sebuah baskom campur tepung beras, tapioka dan garam. Tuangi santan panas dan pasta pandan, aduk menggunakan sendok. Setelah rata uleni menggunakan tangan sampai kalis (tidak lengket di tangan).
  3. Bagi menjadi 7 bagian. Pipihkan setiap bagian dan letakkan 1 bh pisang diatasnya. Bungkus pisang sampai tertutup adonan. Jika adonan terasa kering, basahi tangan dengan air. Lakukan sampai habis.
  4. Rebus air dan daun pandan sampai mendidih. Masukkan pisang dan rebus sampai terapung. Setelah terapung biarkan selama 5 menit supaya pisang matang. Angkat menggunakan peniris dan gulingkan di atas kelapa parut. Potong-potong dan sajikan.


4 komentar:

  1. Jadi inget pisang ijo mbk lihat ini.... ;)
    Mauuuuuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mirip pisang ijo. Tinggal ditambah bubur sumsum, sirup dan es batu, slruupphh...

      Hapus
  2. hiksss.... di rumah ada pisang kepok setandan mbakkkkk.
    cm lg ng mut mau bikin2 nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikukus aja kalo males bikin sesuatu. Aku juga begitu kalo males

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.