Laman

Selasa, 17 Juni 2014

Brongkos Ayam Tahu Dan Kacang Tholo

Assalamualaykum


Seumur hidup baru kali ini saya masak brongkos. Brongkos yang notabene masakan dari Jogja sering saya nikmati waktu saya tinggal di Temanggung dulu.
Pertama kali makan brongkos ya di Temanggung itu. Brongkos yang saya makan berupa brongkos daging sapi yang amat pedas. Saya ingat waktu itu beli di dekat kantornya bapak. Brongkos daging sapi itu adalah brongkos terenak yang pernah saya nikmati. Setiap kali makan brongkos selalu "ngiras" (makan di tempat) dan jarang dibawa pulang. Kami sekeluarga tergolong sering makan brongkos di situ. Apalagi ibu adalah anggota Dharma Wanita dan sering arisan di kantornya bapak. Jika arisan begitu saya, 3 bersaudara dibawa ke kantor semua karena di rumah nggak ada asisten hahahaa....Apalagi dulu sekolah TK saya dekat dengan kantornya bapak juga. Kalo nggak salah TK Pertiwi namanya. Jika pulang sekolah saya belum dijemput, oleh Bu Guru saya dianter ke kantornya bapak untuk kemudian diserahkan ke anak buahnya bapak dan dianter pulang. Eh lha kok ceritanya malah nggladrah nggak karuan ya, hihi....back to brongkos deh. Saya masak brongkos ini karena memang kepingin bikin masakan yang belum pernah saya buat. Apalagi mb Diah Didi sering banget nampilin brongkos jadi kemecer deh. Akhirnya 2 hari yang lalu saya ke pasar untuk beli keluwak (kluwek) sebagai bumbu utama. Setelah di pasar lha kok lupa beli beli tetelan sapi. Akhirnya pake ayam saja yang udah ngendon di freezer. Tapi karena nggak pake tetelan sapi pasti rasanya jadi jauh juga ya. Biarin deh yang penting udah bisa menaklukkan si brongkos ini. Setelah nginep semalam ternyata rasanya jadi lebih enak karena bumbu jadi lebih meresap. Mbak Diah makasih ya tuk resepnya. Akhirnya tak contek nih meski rada melenceng dikit...

Bahan :
400 gr daging ayam, potong sesuai selera
10 bh tahu kulit segitiga
75 gr kacang tholo, rebus sampai empuk
3 cm lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
2 lbr daun salam
3 lb daun jeruk
1500 ml santan dari 1 butir kelapa
50 gr gula merah
garam secukupnya

Bumbu halus :
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1/2 sdm ketumbar
6 butir kemiri
1 cm kencur
3 bh cabe merah besar
4 bh keluwak (kluwek), pecahkan tempurungnya dan keruk isinya

Cara membuat :
  1.  Tumis bumbu halus sampai wangi, menyusul lengkuas, serai, daun salam dan daun jeruk. Aduk aduk sampai bumbu matang dan agak kering.
  2. Masukkan ayam, tahu kulit dan kacang tholo. Tuangi santan.
  3. Bumbui garam dan gula merah. Jika suka beri kaldu bubuk. Masak sampai ayam matang dan kuah jadi meresap serta menyusut. Koreksi rasanya. Matikan api.

6 komentar:

  1. Q blm pwrnah mkn brongkos mbk..penasaran bgtttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba bikin deh. Enak lho. Atau kalo pas jalan-jalan dan ketemu ada yang jual brongkos coba mampir ngicipin sepiring brongkos.

      Hapus
  2. mbak Rina klo tak perhatiin masakannya kok jawa banget yah ehhee :D *ya ialah namnya juga orang jawa xiixxixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaa...ini komentar jian iseng tenan...

      Hapus
  3. dr namanya kirain masakan sulawesi mb...eheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh ini enak lho. Apalagi kalo sudah nginep tambah meresap bumbunya

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.