Halaman

Senin, 16 Juni 2014

Orak-Arik Sayur dan Telur Asin

Assalamualaykum


Olahan sayur yang mudah dan murah meriah tapi dengan sedikit variasi. Biasanya orak arik sayur pasti pake telur ayam.
Kali ini telur ayamnya saya ganti pake telur asin mentah. Pingin eksperimen aja gimana rasa telur asin kalo digoreng. Ternyata enak. Meski rasa asinnya tetep berasa (ya iya wong namanya juga telur asin) tapi pas tuh dicampurkan ke dalam orak arik. Apalagi orak ariknya pake jagung manis, rasanya jadi nano-nano manis asin gurih gitu. Kalo mau pedes tinggal dikasih cabe aja ya. Dimakan buat teman nasi anget duuhhh pas deh.

Bahan :
2 butir telur asin mentah
5 butir bawang merah, iris tipis
2 siung  bawang putih, cincang halus
1 sdt kecap ikan/asin
2 bh wortel, potong/serut bentuk korek api
8 lbr kol/kubis, iris tipis
1 batang daun bawang, iris tipis
1 tongkol jagung manis, sisir/pipil bijinya
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk

Cara membuat :
  1. Pecahkan telur asin di dalam mangkuk. Tekan-tekan kuning telurnya yang menggumpal menggunakan garpu supaya pecah/ambyar dan berbutir kecil-kecil. Panaskan minyak di wajan dan masukkan telur asin, aduk sampai berbutir-butir dan matang. Angkat, sisihkan.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, beri kecap ikan.
  3. Masukkan wortel dan masak sampai matang. Jika perlu beri 2-3 sdm air supaya cepat empuk.
  4. Menyusul kol, daun bawang dan jagung manis, beri garam, gula dan merica, aduk sampai rata.  Cek rasanya.
  5. Terakhir masukkan telur asin dan aduk sampai rata. Masak sebentar dan matikan api.
 

7 komentar:

  1. sluurpptt..q belum pernah bikin orak arik pake telur asin....^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaa....kemana dirimu selama ini. Kangeennn karena nggak pernah muncul di sini.
      cobain deh rasanya lebih gurih lho karena telur asinnya itu...

      Hapus
  2. gak pernah ketemu nyari telur asin mentah mbak selalu yang mateng melulu eheh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. telur asin mentah memang jarang sih yang jual. Kebetulan di pasar komplek tiap hari ada tuh yang jual telur asin mentah masih dibalut abu gosok.

      Hapus
  3. kolesterol..kolesterol mbak.....ehehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kuning telurnya yang bikin kolesterol naik

      Hapus
  4. Sebenernya mau cari resep yg telur asinnya bentuk cair,tp kok gaada ya :( but gpp lah yg begini di praktekin dlu, semoga berhasil ^^

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.