Halaman

Kamis, 19 Juni 2014

Jamur Tiram Goreng Tepung

Assalamualaykum


Cukup lama saya nggak ngolah jamur tiram. Jamur tiram ini biasanya saya tumis karena teksturnya mirip dengan daging ayam.
Tapi sekarang digoreng pake tepung aja karena saya lagi ingin makan gorengan. Tepung yang digunakan cukup tepung beras dan tapioka saja supaya bisa menghasilkan gorengan yang kriuk. Jamur ini tidak saya goreng sampai kering betul seperti yang dijual tapi cukup tepungnya saja yang digoreng kering. Jika saya beli jamur tiram goreng pasti renyah banget sampai jamurnya terasa kres tapi tekstur jamur jadi hilang. Ketika masih hangat jamur goreng ini terasa renyah tapi begitu dingin langsung melempem karena jamurnya masih agak basah. Adonan tepung mirip dengan rempeyek ya yang terdiri dari tepung beras, tapioka, santan dan bumbu halus. Resep ini nggak pake telur supaya minyak tidak berbuih dan jamur tidak terlalu menyerap minyak.


Bahan :
200 gr jamur tiram
200 gr tepung beras
50 gr tepung tapioka/kanji/aci
275-300 ml santan dari 1/4 butir kelapa

Bumbu halus :
1/2 sdt ketumbar
3 siung bawang putih
1 cm kunyit
1 cm kencur
3 butir kemiri
1/2 sdt garam

Cara membuat :
  1. Cuci bersih jamur dengan air kemudian peras perlahan-lahan supaya jamur tidak hancur. Tiriskan.
  2. Dalam sebuah wadah campur tepung beras, tapioka dan bumbu halus. Tuangi santan sambil diaduk sampai rata. Adonan jangan terlalu kental ya supaya tidak keras.
  3. Panaskan minyak cukup banyak di dalam wajan. Ambil jamur, celup ke dalam adonan tepung kemudian goreng sampai terendam minyak. Biarkan sampai kering kemudian balik dan lanjutkan  menggoreng sampai kering. Angkat dan tiriskan.


6 komentar:

  1. Cocol saos endes bgttt...q msh ada stok jamram di kulkas mbk kmrn beli hehe.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya paling cocok tuh pake saus pedes. Ayo bikin...

      Hapus
  2. Ish iiiiisssshhhh... mantep ni...

    Kalo yg dijual pinggir jalan kebanyakan emang terlalu garing ya mba... enakkan bikin sendiri.. hihi...

    Ssssttt... ada lg yg lbh enak, yaitu dibagi 3 toples jamur kriyik dr mba rina...
    Hnmmmmm... asyyiiiikkk...
    Hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahaaa...3 toples ??? Gue juga mauuuu....

      Hapus
  3. murah meriah plus sehat yo mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya allah begitu. Ini paling enak buat cemilan ya. Gorengan lagiiii *ngeluh*

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.