Laman

Minggu, 08 Juni 2014

Bothok Manis Kacang Hijau dan Pisang

Assalamualaykum


Jika mendengar kata bothok, yang terbayang adalah bothok kelapa dengan teri untuk lauk nasi. Tapi kali ini saya bikin sesuatu yang berbeda dari biasa.
Sebenarnya ini dalam rangka menghabiskan stok kacang ijo dan daun pisang di rumah. Bahan yang digunakan sederhana saja, hanya kcang hijau/ijo, pisang, kelapa parut dan santan. Sebagai perekat digunakan tepung beras biar gluten free gitu (halah). Rasanya hmmm...sangat enak. Cocok buat cemilan teman minum teh di petang hari. Resep ini sudah lama dibuat dan saya kirimkan ke Tabloid KOKI. Alhamdulillah dimuat dalam edisi 281. Tinggal nunggu hadiahnya datang nih....

Bahan :
300 ml air
200 gr kacang hijau/ijo
2 bh pisang tanduk, potong dadu
1/2 butir kelapa agak muda, kupas kulit ari, parut memanjang
50 gr tepung beras
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa
100 gr gula pasir
1/4 sdt garam halus
daun pandan, dipotong-potong
daun pisang dan lidi

Cara membuat :
  1. Didihkan air di panci kemudian masukkan kacang ijo. Matikan api dan tutup pancinya selama semalam. Keesokan harinya tanpa mengganti airnya, rebus kacang hijau sampai empuk dan pecah. Jika airnya menyusut banyak tapi kacang belum matang, tambahkan air panas. Angkat dan tiriskan.
  2. Dalam sebuah wadah besar campur kacang ijo, pisang, kelapa parut, tepung beras, santan, gula pasir dan garam, aduk rata.
  3. Ambil daun pisang beri sepotong daun pandan. Sendokkan adonan kacang hijau di atasnya. Bungkus bentuk tum dan semat dengan lidi.
  4. Kukus selama 35 menit. Angkat dan dinginkan. Sajikan bersama teh atau kopi.
Note : pisang yang dipakai bisa diganti dengan pisang uli, kepok atau pisang raja.


4 komentar:

  1. wahhhh...selamatt mbak..... ^_^

    BalasHapus
  2. Lha aku punya sisa bubur kacang ijo nih mba, tp ga punya pisang... kira2 kl dibuat brownies gitu enak ga ya...? Baagi resepnya dong mba...

    *kedip2....

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibuat brownies ? hahahaa...aku belum pernah bikin brownies dari kacang ijo bu gulu. Mending dibuat es lilin aja tuh buburnya. Tinggal dituang ke plastik kecil-kecil trus masukin freezer. Rebes gak pake refot....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.