Oseng Sawi Putih dan Tahu Kuning

Assalamualaykum


Lagi-lagi masak oseng yang gampang. Kali ini cuma sawi putih dan tahu kuning yang ada di kulkas yang saya masak.
Karena sawi putih ini masih banyak sementara saya bosen untuk dijadikan lalap akhirnya nyemplung di wajan. Akhir akhir ini saya sering masak sawi putih karena saya sedang menghindari sayur yang ijo-ijo karena lutut sering ngilu. Kayaknya asam urat nih (belum periksa tapi). Apalagi jika makan bayam duuuhhh...selang 2-3 jam langsung berasa deh. Mungkin saya over dosis makan sayur berwarna hijau kali ya apalagi bayam adalah sayur favorit sejak kecil. Jika makan pecel atau urap harus ada bayam. Begitu juga bening bayam, doyan banget. Tapi sekarang saya "jothak'an" dulu sama bayam cs sampai lutut saya membaik. Insya Allah. Dan kali ini saya numis sawi putih dan tahu biar bisa dibawa bekal sekolah anak saya. Saya kalo ngasih bekal sekolah nggak cuma nasi dan lauk doang loh. Pasti ada sayurnya biar seimbang.

Bahan :
300 gr sawi putih, dipotong-potong
200 gr tahu kuning, potong dadu
1 sdt kecap asin
50 ml air
1 sdm saus tiram
garam dan gula secukupnya

Bumbu iris :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 bh cabe merah besar
3 bh cabe ijo besar (saya nggak pake)

Cara membuat :
  1. Goreng tahu sampai berkulit. Angkat dan sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu iris sampai harum. Masukkan kecap asin dan tahu. Menyusul air dan aduk rata. Biarkan air diserap tahu.
  3. Masukkan sawi putih, saus tiram, garam dan gula. Jika suka silakan beri kaldu bubuk, aduk rata. Biarkan sampai sawi agak layu dan mengeluarkan air. Angkat dan sajikan hangat.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

4 komentar

Hihi, jd ingat wkt pertamaaaaa kali masak d rmh mertua, krn ga prnah masak sblmnya. Yg d masak tu sawi putih mba, rncananya mau d bikin tumisan tp ga pk cabe melainkan pk merica krn mertua ga doyan cabe. Krn ga tau kl sawi putih ini berair bgt, akhirnya tumisan berubah seperti sayur sop.... hihihi...

Cuma ya ga masalah, sepertinya mertua maklumin ini mantunya si anak manja semata wayang, pasti ga prnah bljr masak... hihihi...

Tp skrg beda lho... dh pinter..
(Hihihi... muji diri sendiri..)

wakakakaa....jadi sop sawi tuh judulnya. Tapi kan jadi seger, mertua nggak perlu seret nelen sayurnya (malah ngerumpi. Dosa ah hihi....)
Percaya banget kalo sekarang udah pinter apalagi udah punya blog gitu...

kalau aku . sawi putih ini di tumis pake ebi mbak.. tambahin bakso .
waktu makan, baksonya abis sawinya utuh...hihi

hahahaaa...curang tuh namanya. Kalo kayak gitu idem sama kelakuanku jaman SD. Lauknya dijumputi dan sayur yang nggak suka aku tinggal utuh hihi....

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon