Laman

Sabtu, 24 Mei 2014

Puding Kukus Roti Pisang Dan Coklat (Tanpa Telur)

Assalamualaykum


Bikin puding lagi yuk, hehe....Cuaca galau yang kadang hujan dingin menggigit tapi mendadak terang benderang dan gerah bukan main mengilhami saya untuk bikin puding roti lagi.
Cara buatnya sama seperti tempo hari yang butuh blender untuk menghaluskan semua bahan untuk selanjutnya dituang ke dalam loyang dan dikukus. Setelah matang dinginkan dan masukkan kulkas supaya lebih padat. Ditinjau dari tekstur puding ini terasa padat sedikit kenyal seperti lapis beras/lapis kanji tapi dengan rasa dan aroma coklat pisang. Dinikmati dingin dari kulkas sungguh hmmm...nikmat rasanya...


Puding Kukus Roti Pisang Dan Coklat
Sumber : Bingka Roti Kukus Pisang Tanpa Telur
Modif : Rina Audie

Bahan :
8-10 lembar roti tawar tanpa kulit/kupas, potong/robek-robek
100 gr pisang uli/ambon/kepok/raja
75 gr gula pasir
50 gr coklat meises (bisa diganti coklat blok)
2 sdm coklat bubuk warna gelap (saya pake merk Bendico)
2 sdm munjung tepung tapioka/aci/kanji
1/2 sdt vanili bubuk
1/4 sdt garam
450 ml santan sedang dari 1/2 butir kelapa parut
50 gr kismis

Cara membuat :
  1. Panaskan kukusan supaya airnya mendidih. Siapkan loyang ukuran 18x18cm, alasi kertas roti dan olesi minyak/mentega. 
  2. Siapkan blender dan masukkan semua bahan : roti tawar, pisang, gula pasir, coklat meises, coklat bubuk, tepung tapioka,, vanili dan garam. Tuangi santan dan proses sampai halus. Koreksi rasanya, jika kurang manis tambahkan gula dan proses lagi sampai halus.
  3. Tuang ke dalam loyang dan taburi kismis. Kukus selama 30 menit. Lakukan test tusuk. Keluarkan dari kukusan dan biarkan dingin. Masukkan ke dalam kulkas supaya dingin dan lebih padat.

 

6 komentar:

  1. Aku mau sepotong Mba Rina..nambah enak sekali..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, ntar aku buatin seloyang ya...
      ini emang enak mb Diah. Nggak disangka anak-anak dan bapaknya pada doyan.

      Hapus
  2. wow...wow....cuman bs cuci mata.... -___-" #Ngarep

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...emang ini cepet banget ludesnya

      Hapus
  3. iki beda dengan pisroti ya mbak ?
    aku senengnya bikin pistori, berkuah, segaaar....

    BalasHapus
    Balasan
    1. pis roti itu yang berkuah dibungkus daun pisang ya ? Kalo di blog ini ada tuh pis kopyor pake roti dan kelapa muda. Tapi ada juga yang nyebut pis roti dengan pis tuban. Isinya cuma roti nggak pake kelapa muda (degan)

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.