Halaman

Jumat, 23 Mei 2014

Lodeh Tahu

Assalamualaykum


Punya stok tahu di kulkas dan niat mau dimasak sayur daripada digoreng begitu saja. Selama ini jika masak sayur terutama lodeh jarang pake tahu.
Kali ini saya cemplungin aja ke dalam lodeh karena tahu enak juga dimasak lodeh. Tahu yang saya pake tahu goreng yang beli di tukang sayur. bumbu yang digunakan juga sama seperti lodeh pada umumnya tapi minus tempe semangit dan saya ganti rebon sebagai penyedap.

Bahan :
1 tongkol jagung manis, dipotong-potong
4 bh cabe ijo besar, potong bulat (saya nggak pake)
3 bh cabe merah kriting, potong miring (saya nggak pake)
3 sdm rebon/rese/udang kering, cuci bersih
sepotong lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
200 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
500 ml santan encer (dari sisa perasan santan kental)
1 bh labu siam ukuran kecil, potong dadu
6 lonjor kacang panjang, potong 2 cm
8 bh tahu segitiga, potong sesuai selera
1 bh terong ungu ukuran kecil, potong dadu
garam dan gula secukup rasa

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm kencur
4 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Dalam sebuah panci masukkan bumbu halus, cabe ijo, cabe merah, lengkuas, daun salam, santan encer, rebon dan jagung manis. Rebus sampai mendidih dan jagung menjadi empuk.
  2. Masukkan labu siam, kacang panjang, tahu dan terong. Bumbui garam dan gula. Beri kaldu bubuk jika suka. Masak sampai mendidih. Koreksi rasanya.
  3. Jika sudah mendidih tuangkan santan kental. Masak sambil diaduk-aduk sampai mendidih kembali. Angkat dari api.

8 komentar:

  1. bru tahu lodeh ada jagungnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. weee...jagung ini enak banget dimasak lodeh bu gulu. Kalo masak lodeh coba aja pake jagung manis. Rasanya jadi manis gurih gitu...

      Hapus
  2. wah kebetulan sekali... tadi sy beli sayur spt ini mbak seporsi 5000 rb... tadi sayurx jg pake tahu yg digoreng, k panjang, wortel, kol, tp warna sayurx agak merah sedikit mungkin pake cabe keriting... rasax enaak bgt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak ya lodehnya ? kalo kuahnya merah cabenya diuleg itu. Met menikmati sayur lodehnya ya....

      Hapus
  3. Saya juga,kalo masak lodeh selalu pake jagung mba rina,,,suami saya sangat suka sayur lodeh tp ga pernah dimasukkan tahu,,nanti kalo bikin mau coba resepnya mba rina ah,pake rebon dan tahu,,,nyontek ya mba resepnya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok. Cobain deh bikin lodeh pake tahu goreng. Enak kok. Rebon berfungsi sebagai penyedap. Bikin mantep rasa lodehnya.

      Hapus
  4. heheh....baru tau sayur sep ini namanya sayur lodeh.
    kalau mamak nyebutnya sayur labu jipan,,, tp rasanya ng pake kencur mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini sayur lodeh kalo di Jawa. Penggunaan kencur sih suka-suka aja. Aku kalo bumbunya pas komplit, ada kencur ya dimasukin. Tapi kalo gak ada nggak pake juga gak papa

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.