Laman

Minggu, 25 Mei 2014

Gembus Sambel Tauco

Assalamualaykum


Sewaktu belanja di tukang sayur seperti biasa pake acara pusing tujuh keliling mau beli apa gitu. Karena tukang sayurnya datang siang hari dan jualannya sudah menipis.
Pilihan belanja jadi sangat terbatas dan sempat bengong beberapa saat hingga akhirnya saya ngambil tempe gembus dengan setengah hati. Iya dengan setengah hati karena nggak tau si gembus ini mau diolah apaan. Setelah nginep di chiller selama 2 hari baru dapat ide untuk diolah pake cabe. Untung di pasar komplek ada yang jualan cabe merah besar sehingga si gembus bisa langsung dieksekusi. Kebetulan juga ada stok tauco dan kepikiran untuk nyemplungin tauco ke dalamnya. Setelah matang dan dicicip, wuih enak nih. Ternyata tauco yang selama ini cuma dimasak dengan kangkung bisa cocok juga dengan tempe gembus. Kalo enak gini kapan-kapan bikin lagi ah. Oh ya tips supaya enak, jangan lupa numis bumbu sampai matang ya supaya tidak ada aroma langu di dalamnya. Gunakan api agak kecil dan aduk aduk terus sampai matang dan sedikit kering. Setelah itu baru deh bahan lain dimasukkan.

Bahan :
250 gr tempe gembus, potong dadu
3 sdm tauco (saya pake merk Cobek Rawit yang terasa gurih sedikit manis)
sepotong lengkuas, memarkan
1 lbr daun salam
1 lbr daun jeruk
150 air
garam dan gula secukup rasa
1 batang daun bawang, iris tipis

Bumbu halus :
3 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 bh cabe merah besar
3 bh cabe merah keriting (saya nggak pake)
1/2 sdt terasi bakar

Cara membuat :
  1. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan tauco, lengkuas, daun salam dan daun jeruk, tumis sampai  matang dan agak kering.
  2. Tuangi air, beri garam dan gula. Setelah mendidih koreksi rasanya. Jika suka kaldu bubuk silakan dimasukkan. Masukkan tempe gembus dan masak sampai airnya mengering serta bumbu meresap. Jika airnya dirasa kurang boleh tambahkan lagi. Masak beberapa saat sampai agak kering.
  3. Terakhir masukkan daun bawang dan aduk rata. Matikan apinya. Sajikan.


3 komentar:

  1. di sumatra ng ada tempe gembus mb...
    dan baru tau, sambel pake taoco mb. jd penasaran rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gak ada gembus bikin sambel tauconya aja. Enak lho...

      Hapus
  2. JUAL TAUCO PEKALONGAN..
    KHAS KOTA BATIK PEKALONGAN
    ASLI MANTAPPP!!
    1 BESEK KEMASAN 1/2 KG HRG 20RB..
    MINAT HUB 085641037796
    http://taucoaslipekalongan.blogspot.com/

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.