Halaman

Senin, 26 Mei 2014

Oseng Cuwe Cabe Ijo

Assalamualaykum


Paling suka deh sama ikan cuwe ini. Dimasak apa aja tetep enak. Ikan favorit saya sejak kecil. Alm ibu dulu sering beli cuwe/pindang buat kasih makan kucing.
Tapi saya sering tuh ngembat 1-2 ekor buat lauk makan. Bahkan setelah menikah bapaknya anak-anak juga miara kucing di rumah. Akhirnya lauk saya nggak jauh beda deh sama kucing. Malah kadang saya masih suka ngembat cuwe jatah kucing. Lha masak kucing sama majikan makannya lebih enak si kucing ? Boleh dong sesekali majikan ngiri, hihi... ini kok nulis malah nggladrah tentang kucing sih. Ok deh sekarang kembali ke masakan ya. Kemarin ketika tukang sayur datang saya melihat masih banyak stok ikan cuwe. Ada 6-8 keranjang. Berhubung sudah siang langsung deh saya incar dengan harapan dapat murah. Bener aja. Cuwe yang biasa dijual harga 3000-3500 rupiah bisa saya dapat dengan harga 2000 per keranjang. Setelah saya masuk rumah sempat pamer ke suami kalo dapat cuwe murah dan banyak. Segera saja suami usul untuk dimasak pake cabe ijo dan kecap favoritnya. "Plus pete ya" begitu katanya. Tapi permintaan terakhir tidak saya kabulkan karena saya ogah jika kamar mandi jadi bau, hihi..... Dan hari Sabtu yang lalu saya eksekusi deh si cuwe ini. Resepnya juga gampang tinggal iris-iris semua bumbu, ditumis, masukin air serta kecap manis dan si cuwe goreng dicemplungin. Udah gitu aja. Gampang kan.

Bahan :
12 ekor ikan cuwe/pindang keranjang
sepotong lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
2 bh tomat hijau, potong kasar
4 sdm kecap manis
100 ml air
garam dan gula secukupnya

Bumbu iris tipis :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 bh cabe ijo besar
3 bh cabe ijo keriting

Cara membuat:
  1. Cuci ikan cuwe kemudian goreng sampai matang dan agak kering, tiriskan dan sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak bersih di wajan, tumis bawang merah dan bawang putih sampai wangi. Masukkan tomat hijau, lengkuas, daun salam dan semua cabe, masak sampai cabe layu.
  3. Masukkan air, kecap manis, garam dan gula. Setelah mendidih koreksi rasanya.
  4. Masukkan cuwe goreng dan masak sampai air menyusut dan bumbu meresap. Angkat dan sajikan.


8 komentar:

  1. digoreng aja dah enak mbk hehe...kl q dulu sering mkn ini sm sambel goreng tempe basah..cucokkk hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh. Cuwe goreng pake sambel aja udah nyam nyam ngabisin nasi.

      Hapus
  2. Nyam nyam pas bgt ni buat teman sarapan pagi. Kebetulan ini jg lauk favorit saya.

    BalasHapus
  3. Waah... Mendadak lapar Mbaak...

    BalasHapus
  4. baru tau ikan cuwe itu ikan sere di tempatku mb...
    iya...petenya mana..??.. #Cungkil2Cari Pete ...eheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti beda nama ? kalo dah ketemu ayo nyobain. Digoreng aja dulu trus cocolin sambel. Enak.
      Ogah ah pake pete. Bikin bau, hihi...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.