Halaman

Jumat, 16 Mei 2014

Martabak Mie

Assalamualaykum


Gegara lihat stok mi kering di dapur masih ada 1,5 pack segera kepikir ingin diberdayakan. Setelah ikut Food Combining, mie di rumah jadi agak terabaikan.
Padahal sebelum ikut FC, sering lho makan mie entah digoreng atau direbus. Karena merasa sayang jika terlalu lama dan jadi rusak bin mubazir, ingin diolah jadi martabak mie aja. Martabak ini menggunakan kulit lumpia siap pakai yang dibeli di tukang sayur. Jika tidak ada bisa bikin kulit risol sendiri ya. Bahan isi yang dipake juga gampang, hanya mie kering, wortel, sosis, daun bawang  dan wortel. Sosis bisa diganti dengan daging ayam atau sapi cincang. Bumbu juga standar aja seperti bawang merah dan putih, gula, garam dan merica. Setelah semua bahan siap tinggal diisi ke dalam kulit dan digoreng. Selagi hangat sajikan bersama cabe rawit, saus sambal atau mayonaise. Hmmm enak...Judulnya cheating lagiiiii, wakakakaaaa....Tapi saya makan hanya 1 biji aja, sisanya dimakan bapaknya anak-anak dan untuk bekal sekolah.

Bahan :
15 lembar kulit lumpia siap pakai
125 gr mie kering
5 butir bawang merah, dicincang
2 siung bawang putih dicincang
1 bh wortel. serut kasar/potong dadu
2 bh sosis, potong dadu kecil (bisa pake ayam/daging sapi cincang)
1 batang daun bawang, iris tipis
1/2 sdt garam
1,5 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
2 butir telur

Cara membuat :
  1. Remas mie kering hingga sedikit hancur kemudian rebus sampai matang. Angkat dan masukkan dalam air dingin supaya mie cepat dingin dan tidak menggumpal. Jika air terasa panas, ganti dengan yang dingin. Lakukan beberapa kali sampai mie jadi dingin. Tiriskan mie dan letakkan dalam wadah besar.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai wangi. Masukkan wortel, sosis dan daun bawang. beri 2-3 sdm air dan biarkan wortel jadi matang. Angkat dan campurkan ke dalam mie.
  3. Beri bumbu garam, gula dan merica, aduk rata. Tambahkan kaldu bubuk jika suka. Koreksi rasanya. Masukkan juga telur kemudian aduk rata.
  4. Ambil satu lembar kulit lumpia, beri 1-2 sdm adonan mie. Bungkus seperti amplop. Lakukan sampai habis.
  5. Panaskan minyak dalam wajan, goreng martabak sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

6 komentar:

  1. buatin anak2 sm suami aja g usah dimakan,kalao satu ya gpp heheheh...kalo ketagihan siap2 aja pusing hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...kalo cheating Alhamdulillah nggak sampe parah karena sangat dibatasi. Paling mual, tapi segera ngunyah sayur kayak wortel gitu, alhamdulillah bisa tertolong. Mualnya bisa brenti.

      Hapus
  2. aku udah bubar jalan FC nya mbak...
    selalu tergoda sm gorengan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakaaaa.....sayang loh kalo sampe bubar. Aku kalo selingkuh dikiit aja, lambung nih yang suka protes. Jika cheating efeknya langsung berasa 30 menit kemudian. Pernah nih ngiler piscok jam 7 pagi. Setelah makan satu biji, wuaaaaa.....mual biyangeeetttt hihi....

      Hapus
  3. Halo mba Rina, lagi cari resep mi jadi nyampe di sini. Boleh minta resep untuk menu FC mba? Saya mau mulai tapi bingung cari menu yang mudah dan cepat buat sehari-hari. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak, saya bukan pakar fc, hanya ikut-ikutan saja tapi ternyata bermanfaat buat saya. Untuk menunya tidak ada yang khusus buat fc. Resep masakan di blog ini insya allah bisa diterapkan untuk fc, asal memahami padu padannya. Jika bingung untuk memulainya silakan gabung saja di grup Food Combining Indonesia yang ada di fb. Saya ikut juga disana. Met ber-fc yah....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.