Halaman

Kamis, 15 Mei 2014

Orak-Arik Sawi Putih

Assalamualaykum


Ini adalah masakan yang baru pertama kali saya buat. Kemarin ketika jemput sekolah pulangnya mampir ke pasar induk untuk belanja karena tukang sayurnya lagi pada mudik.
Yang bikin repot kalo tukang sayur ini mudiknya bareng-bareng, libur satu libur semua. Bikin kelabakan yang mau belanja. Rencana awal beli sawi putih untuk dimakan sebagai lalap, tapi karena di rumah belum masak apapun akhirnya berubah haluan dan sawinya ingin diolah aja. Karena stok bahan di kulkas sangat terbatas, putar otak deh untuk memberdayalan si sawi ini. Setelah liat ada telur langsung cling...kepikir bikin orak-arik. Bahannya cuma simple, sawi putih, wortel, daun bawang dan telur. Setelah matang dan dimakan dengan nasi anget plus kerupuk, wuih enak bingits...

Bahan :
250-300 gr sawi putih
1 batang wortel, potong/serut bentuk korek api
1 batang daun bawang, iris tipis
4 butir bawang merah iris tipis
2 siung bawang putih, cincang halus
2 bh cabe merah besar, buang biji, iris tipis
2 bh cabe hijau besar, buang biji, iris tipis
1 sdt kecap asin
1 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
1 butir telur, kocok menggunakan garpu

Cara membuat :
  1. Potong-potong sawi putih kemudaian cuci bersih.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai wangi, masukkan cabe merah dan cabe hijau. Menyusul wortel, daun bawang dan kecap asin, masak sampai wortel layu.
  3. Masukkan sawi putih, saus tiram, garam, gula dan merica, aduk rata. Koreksi rasanya.
  4. Setelah sawi layu masukkan telur dan besarkan apinya. Aduk cepat supaya telur cepat matang dan berbutir-butir. Angkat dan sajikan.
 

    6 komentar:

    1. Assalam Rina, memang sedap sawi putih ni..kalau kita suka goreng aje potong cili bawang bawang putih..
      atau pun dibuat masak tumis air, ada kuahnya..sayur ini memang sedap..
      buat side dish atau kalau ada yang lain buat sambal belacan makan dgn sayur ini pun sedap..:)

      BalasHapus
      Balasan
      1. waalaykumsalam...
        iya betul sawi ini enak dimasak dengan cabe (cili). Rasanya yang dingin dan tawar pas diberi cabe yang hot...

        Hapus
    2. aku nggak suka...aku nggak suka.... ng sk sawi putih mbakkkkkk
      hihihi.... minta mb rina masakin orak arik tempe aja.... #melas

      BalasHapus
      Balasan
      1. tadinya aku juga nggak suka sawi putih karena anyep. Tapi begitu dibuat orak arik kok enak tuh. Tempo hari malah aku ngabisin orak-ariknya...

        Hapus
    3. Menu yg praktis ya Mbak... Sawi putih dimasak sayur asem jg enak lho ^^

      BalasHapus
      Balasan
      1. betul um praktis dan enak nih...kalo sayur asem pake sawi belum pernah bikin. Pasti enak ya...

        Hapus

    Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.