Halaman

Selasa, 22 April 2014

Bolu Kacang

Assalamualaykum


Setiap bulan saya selalu stok kacang tanah untuk bikin bumbu pecel. Pecel adalah salah satu menu favorit di rumah.
Tanpa sengaja ketika buka kulkas sudah ngendon kacang tanah kupas yang entah saya lupa kapan ada di situ. Ketika saya cicip ternyata masih enak dan nggak tengik. Segera berpikir untuk secepatnya dihabisi dan punya ide untuk bikin kue saja. Kacangnya saya blender kasar supaya ada tekstur di dalam kuenya. Proses pembuatan menggunakan tipe sponge cake tanpa bahan additif. Tips supaya nggak bantat ada pada kocokan telur. Kocok telur sampai kaku dan berjejak. Jika tahap itu sudah tercapai boleh dimasukkan bahan kering. Kue ini bertekstur agak padat supaya kacang tidak tenggelam ke dasar loyang. Pada tahap pencampuran lemak (margarin+minyak sayur) saya menggunakan teknik pancing. Maksudnya margarin cair dituangi sedikit adonan telur kemudian diaduk rata. Setelah itu masukkan kembali ke dalam adonan telur dan aduk balik sampai rata juga. Hal ini bertujuan supaya margarin mudah bercampur dan tidak mengendap ke dasar loyang yang mengakibatkan bantat. Ketika keluar dari oven, hmmmm...harum kacangnya sangat menguar dan wangi....


Bahan :
75 gr tepung terigu protein sedang
15 gr tepung jagung
15 gr susu bubuk
3 butir telur utuh
75 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1 batang vanilla pod, dikeruk isinya (1/2 sdt vanili bubuk)
75 gr kacang tanah panggang/sangrai, tumbuk kasar
50 gr margarin cair
25 ml minyak sayur


Cara membuat :
  1. Siapkan loyang tulban/ring diameter 16 cm, alasi kertas dan olesi mentega. Panaskan oven dengan suhu 180°C.
  2. Campur terigu, tepung jagung dan susu bubuk, sisihkan.
  3. Kocok telur, gula, garam dan vanilla pod selama 20 menit sampai mengembang dan berjejak.
  4. Masukkan campuran terigu dengan cara diayak, aduk balik sampai rata. Menyusul kacang tumbuk, aduk rata.
  5. Campur margarin cair dan minyak sayur, tuangi dengan 4 sdm adonan telur, aduk rata. Tuangkan kembali ke dalam adonan telur, aduk balik sampai rata.
  6. Tuang ke dalam loyang dan panggang selama 30-35 menit. Lakukan tes tusuk. Keluarkan dari oven dan dinginkan.


8 komentar:

  1. kebayang pas ngunyah masih kriuk2 kletuk2 hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi mbakyu, klethuk-klethuk bin gurih gitu...

      Hapus
  2. Duluuuu bgt pernah bikin mba... tp pake butter type... itu lho yang serba 250gr semua antara telur, gula, terigu dan margarinnya, tp kl ga salah kacangnya cuma 150gr.... enyak bener mba... tanpa bahan additives.... wangiiii... hehehe...
    Jd ngiler....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo dibikin bu gulu resepnya itu biar ntar aku contek ya...

      Hapus
  3. ei..ei... baru denger ini mbak....
    aduh..aku kuper banget ya,,,,hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini sebenarnya tergolong kue lawas. Jaman aku SD pernah lho temanku dibuatin bolu kacang sama ibunya. Jadul kan kue belum variatif kayak sekarang ini. Trus waktu ada praktek bikin kue di SMP dulu, ada yang bikin bolu kacang juga.

      Hapus
  4. Pengeeen.... Pasti gurih ya Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya um gurih dan wangi kacang...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.