Halaman

Senin, 21 April 2014

Kare Buncis Kering

Assalamualaykum


Waktu saya kecil dulu sering sekali mendapat nasi berkat dari tetangga. Selain rempah kelapa ada juga sayur buncis yang dimasak dengan wortel.
Saya nggak tau namanya hingga hari ini, sampai kemudian mb Diah Didi posting resep Kare Buncis Kering. Ketika mb Diah menulis bahwa kare ini sering terdapat dalam nasi berkat, seketika saya langsung ingat memori puluhan tahun lampau ketika mendapat nasi berkat ini. Jujur aja kalo yang namanya mendapat nasi berkat biasanya rebutan, hihi...Tau nggak nasi berkat itu selalu enak lho. Lauk pauk dan aneka sayur pelengkap didalamnya selalu nikmat untuk dimakan. Bumbu juga terasa sangat meresap. Dan karena di kulkas masih ada buncis dan wortel saya langsung berpikir untuk membuatnya. Selain itu saya tambah kentang yang digoreng dulu karena buncisnya hanya sedikit. Santan dalam resep asli saya kurangi supaya cepat matang dan mengering. Secara keseluruhan saya suka dengan rasanya, mirip dengan yang saya makan dulu. Makasih mb Diah tuk sharing resepnya ya. Enak. Bisa jadi menu favorit nih di rumahku....


Bahan :
150 gr buncis, potong 1 cm
2 butir kentang, potong dadu
2 bh wortel, potong serasi
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk
sepotong lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
garam dan gula secukupnya
1 butir telur, kocok lepas

Bumbu halus ;
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
3 butir kemiri
3 cm kunyit
1/4 sdt merica butiran

Cara membuat :
  1. Setelah kentang dicuci bersih, goreng sampai matang. Angkat sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai, masak sampai bumbu matang.
  3. Masukkan buncis dan wortel. Tuangi santan, beri garam dan gula. Jika suka boleh tambahkan kaldu bubuk dan penyedap rasa. Masak sampai santan menyusut.
  4. Masukkan kentang dan masak sampai santan mengering dan kental, aduk rata dan koreksi rasanya.
  5. Terakhir masukkan telur dan aduk supaya telur berbutir-butir seperti orak-arik. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat.

6 komentar:

  1. Hihi,.,,ternyata menu nasi kenduri atau berkat di Yogya dan Solo hampir sama ya Mba Rina..aku suka ini,..semur soun sama cap jahenya..haha..suka semua..lha jaman kecil makan lauk gitu ya udah enak banget..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya isi nasi berkatnya mirip. Dan enak semua. Kare buncis ini menurutku nglawuhi banget. Dimakan pake nasi panas doang udah nyamleng, hihi...

      Hapus
  2. wahhh... enak nih mba,,, aku paling suka kalo sayuran yang ditumis model gini, daripada yang dibikin berkuah... yummy pastinya yah...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiyaaa...bu gulu udah berkunjung kemari lagi. Enak lho bu gulu. Cobain deh salah satu sayur pengisi nasi berkat ini. Nggak nyesel bikin kare buncis ini. Enak biyanget...

      Hapus
  3. enak..... kalau di tempatku nasi berkatnya mirip ini. tapi agak beda.
    sayur buncis tauco mbak...
    dan anehnya kalau nasi berkat itu kok enak banget ya mbak..hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. buncis pake tauco ? Sharing dong biar menu sayurku bisa variatif.
      hooh ya nasi berkat kok mesti enak kenapa ya ? Apa karena udah di doain dulu kali ya, hihi....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.