Laman

Minggu, 20 April 2014

Rempah Kelapa

Assalamualaykum


Salah satu makanan jadul yang jarang saya nikmati sekarang adalah rempah kelapa. Jaman saya kecil dulu jika mendapat nasi berkat selalu ada lauk yang terbuat dari kelapa parut.
Waktu itu bentuknya bulat-bulat kecil sebesar kelereng dengan jumlah 3-4 butir. Saya demen banget dengan lauk satu ini karena rasanya yang gurih. Ibu saya juga pernah bikin tapi dibentuk bulat gepeng seperti perkedel. Dan seingat saya cuma sekali ibu bikin rempah kelapa. Tapi rasanya nendang banget. Makanya saya selalu ingat lauk enak ini. Dan karena di rumah ada stok kelapa parut akhirnya saya beranikan diri bikin juga. Ini pertama kalinya saya bikin lho. Bumbu juga sesuai selera saya. Tips membuat rempah ada pada proses penggorengan. Ketika digoreng gunakan api kecil supaya rempah bisa matang sampai ke dalam. Setelah benar-benar kering baru diangkat dan ditiriskan. Tapi jangan sering dibolak balik supaya tidak hancur. Rempah kelapa yang digoreng kering, rasanya hmmm enak gurih....Untuk 1/2 butir kelapa parut bisa menghasilkan rempah 14-15 biji.

Bahan :
1/2 butir kelapa agak muda
1 butir telur
gula pasir, garam dan merica bubuk secukupnya

Bumbu halus :
1 sdt ebi, rendam air panas sampai lunak
2 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
2 butir kemiri
1 cm kunyit
1 lembar daun jeruk purut

Cara membuat :
  1. Kupas kulit ari kelapa kemudian parut memanjang. 
  2. Campur kelapa parut, bumbu halus, gula, garam dan merica bubuk, aduk rata. Cicip rasanya. Jika suka kaldu bubuk atau penyedap boleh ditambahkan. Masukkan telur, aduk rata.
  3. Bentuk adonan menjadi bulat pipih seperti perkedel. Panaskan minyak cukup banyak dan goreng rempah menggunakan api kecil. Setelah bagian bawahnya kering, balik sekali dan goreng sampai kering dan matang.

10 komentar:

  1. salam rin..wahh enak nie..baru pertama kali dengar,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zila, iya ini lauk sudah langka dan kuno, oleh karena itu jarang yang tau.

      Hapus
  2. sama dengan kak zila.
    baru denger ini mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo bikin. Enak lho. Rasanya unik, kelapa parut digoreng kemudian buat lauk

      Hapus
  3. Kalau Alm Ibuku bikin ini dicampur sama tahu yg dihancurin mbak , mungkin maksudnya biar ngirit kali ya :)
    Nice Sharing mbak Rina

    Salam,
    Dian

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya ? asiikk dapat variasi baru nih. Makasih ya Dian tuk infonya. Insya Allah dicobain rempah pake tahu...

      Hapus
  4. Pengen bgt nyobain. Klo di daerahku, pelengkap nasi berkat adalah serundeng (abon kelapa), rasanya manis gurih. Tnx resepnya ya Mbak Rina. Salam - Canna Edulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Canna Edulis : Oh gitu ya, nasi berkat pake serundeng ? Enak juga itu serundeng. Dimakan pake nasi anget nyaamm....Kalo serundeng jadi ingat ketika masih di Solo, sering beli serundeng kelapa. Enak deh. Rasa dan aroma daging sapinya nonjok banget.

      Hapus
  5. Mba saya kepengen coba buat nih kalo gak pake telur biar gak buyar diganti apa? Sy penggemar resep2 mba foto2nya selalu bagus..thx yanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti aja pake tapioka/kanji/aci. Untuk 1 butir telur diganti 1 sdm tapioka ya. Goreng dulu 1 bh rempah, jika buyar tambahi lagi tapiokanya.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.