Rempah Kelapa

Assalamualaykum


Salah satu makanan jadul yang jarang saya nikmati sekarang adalah rempah kelapa. Jaman saya kecil dulu jika mendapat nasi berkat selalu ada lauk yang terbuat dari kelapa parut.
Waktu itu bentuknya bulat-bulat kecil sebesar kelereng dengan jumlah 3-4 butir. Saya demen banget dengan lauk satu ini karena rasanya yang gurih. Ibu saya juga pernah bikin tapi dibentuk bulat gepeng seperti perkedel. Dan seingat saya cuma sekali ibu bikin rempah kelapa. Tapi rasanya nendang banget. Makanya saya selalu ingat lauk enak ini. Dan karena di rumah ada stok kelapa parut akhirnya saya beranikan diri bikin juga. Ini pertama kalinya saya bikin lho. Bumbu juga sesuai selera saya. Tips membuat rempah ada pada proses penggorengan. Ketika digoreng gunakan api kecil supaya rempah bisa matang sampai ke dalam. Setelah benar-benar kering baru diangkat dan ditiriskan. Tapi jangan sering dibolak balik supaya tidak hancur. Rempah kelapa yang digoreng kering, rasanya hmmm enak gurih....Untuk 1/2 butir kelapa parut bisa menghasilkan rempah 14-15 biji.

Bahan :
1/2 butir kelapa agak muda
1 butir telur
gula pasir, garam dan merica bubuk secukupnya

Bumbu halus :
1 sdt ebi, rendam air panas sampai lunak
2 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
2 butir kemiri
1 cm kunyit
1 lembar daun jeruk purut

Cara membuat :
  1. Kupas kulit ari kelapa kemudian parut memanjang. 
  2. Campur kelapa parut, bumbu halus, gula, garam dan merica bubuk, aduk rata. Cicip rasanya. Jika suka kaldu bubuk atau penyedap boleh ditambahkan. Masukkan telur, aduk rata.
  3. Bentuk adonan menjadi bulat pipih seperti perkedel. Panaskan minyak cukup banyak dan goreng rempah menggunakan api kecil. Setelah bagian bawahnya kering, balik sekali dan goreng sampai kering dan matang.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

10 komentar

salam rin..wahh enak nie..baru pertama kali dengar,,

sama dengan kak zila.
baru denger ini mbak...

ayo bikin. Enak lho. Rasanya unik, kelapa parut digoreng kemudian buat lauk

Zila, iya ini lauk sudah langka dan kuno, oleh karena itu jarang yang tau.

Kalau Alm Ibuku bikin ini dicampur sama tahu yg dihancurin mbak , mungkin maksudnya biar ngirit kali ya :)
Nice Sharing mbak Rina

Salam,
Dian

oh ya ? asiikk dapat variasi baru nih. Makasih ya Dian tuk infonya. Insya Allah dicobain rempah pake tahu...

Pengen bgt nyobain. Klo di daerahku, pelengkap nasi berkat adalah serundeng (abon kelapa), rasanya manis gurih. Tnx resepnya ya Mbak Rina. Salam - Canna Edulis

Canna Edulis : Oh gitu ya, nasi berkat pake serundeng ? Enak juga itu serundeng. Dimakan pake nasi anget nyaamm....Kalo serundeng jadi ingat ketika masih di Solo, sering beli serundeng kelapa. Enak deh. Rasa dan aroma daging sapinya nonjok banget.

Mba saya kepengen coba buat nih kalo gak pake telur biar gak buyar diganti apa? Sy penggemar resep2 mba foto2nya selalu bagus..thx yanti

ganti aja pake tapioka/kanji/aci. Untuk 1 butir telur diganti 1 sdm tapioka ya. Goreng dulu 1 bh rempah, jika buyar tambahi lagi tapiokanya.

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon