Cake Zebra Tape Keju

Assalamualaykum


Ada yang belum pernah makan cake tape ? Saya kasih tau ya kalo yang namanya cake tape itu enak.
Beneran. Buktinya saya ini salah satu orang yang demen sama cake tape atau olahannya. Selain itu karena tape mudah didapat (tukang tape lewat depan rumah tiap sore) membuat saya seakan-akan terpanggil (halah) untuk memberdayakan tape sesering mungkin (ngaku aja kalo memang doyan tape, jangan pake dalih). Tape jika dipadukan coklat hasilnya enak. Tape dengan keju ? Enak juga. Tape dengan coklat, santan dan keju ? Weleehhh bikin nggak kuat iman deh. Pasti enak banget. Jadi kali ini saya eksekusi cake tape coklat dan keju. Dulu pernah lihat di Sajian Sedap, kalo nggak salah. Resep yang dipake metode butter cake, tapi seperti biasa dengan modifikasi dan menghilangkan bahan additif. Alhamdulillah tetap bisa mengembang lho. Dan rasanya sedikit padat tapi lembab dan nggak seret. Aroma tape cukup terasa ketika dikunyah, hmmm...



Bahan :
  • 150 gr mentega/margarin
  • 150 gr gula halus
  • 3 butir telur
  • 150 gr tape singkong yang matang dan manis, haluskan dengan garpu
  • 125 gr terigu serbaguna
  • 25 gr tepung maizena
  • 125 ml santan sedang (50 ml santan instant ditambah air)
  • 1 sdm coklat bubuk, larutkan dengan sedikit air panas sampai jadi pasta
  • 1 sdt pasta coklat
  • 50 gr keju cheddar, diparut
Cara membuat :
  1. Siapkan loyang persegi ukuran 18x18cm, alasi kertas roti, olesi margarin dan taburi terigu tipis-tipis.
  2. Kocok mentega dan gula halus sampai pucat dan mengembang.
  3. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok sampai rata. 
  4. Menyusul tape singkong, kocok rata.
  5. Masukkan terigu dan maizena dengan cara diayak berselang seling dengan santan sambil dikocok menggunakan speed rendah sampai rata.
  6. Ambil 1/3 adonan, beri larutan coklat dan pasta coklat. Sisa adonan putih/plain diberi keju parut.
  7. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat C.
  8. Tuang 2 sdm adonan putih di tengah loyang. Tuangi 1 sdm adonan coklat di atasnya. Lakukan secara berselang-seling sampai adonan habis.
  9. Panggang dalam oven selama 45-50 menit. Lakukan test tusuk. Keluarkan dari oven dan biarkan 10 menit di dalam loyang. Jika sisinya merenggang, balik kue di atas rak, kelupas kertasnya dan dinginkan.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

19 komentar

Waaah,,pagi-pagi dah di suguhi cake zebra tape keju ....
.
.
# bawa kopi sendiri dari rumah

yuhu mb Eby. Pas kok buat temen ngopi pagi-pagi...

belum cantik may karena belum merata itu coraknya...

wuihhhh....cakep mbak belangnya.... :)

wah kok baru muncul, sibuk ya ? Itu belangnya belum merata buatku. Soalnya nggak telaten, maunya buru-buru selesai aja...

cantik sekali mba kuenya.. pasti rasax lembut ya hehehe.. pengen coba tp 1/2 resep sj biar cpt abis kuex..

huehehe...ini belum cantik masih kurang rapi motif zebranya. Ok met bikin ya, tapi jangan nyesel lho kalo nanti keburu habis beneran....

Mb Rina, cakep kuenya, jd pengen. kalo boleh tau, brp ukuran loyangnya, mb?
-ida-

point no. 1 itu sudah ditulis ya ukuran 18x18 cm.

Salam kenal mbak Rina.
klu porsi tape ditambah (maksudnya biar rasa tape lbh berasa) jd 200 atau 250 gram gitu kira2 bisa tdk ya mba?.. menurut mbak Rina cakenya jd bantat ga ya?... secara say pemula nich, pernah bikin cake tape dan bantat hehe..

trima kasih sebelumnya - By Sari.

ada resiko bantat karena resep ini nggak pake pengembang. Kalo mau ditambah silakan aja tapi beri sedikit pengembang, 1/2 sdt baking powder. Hasil yang didapat nanti lebih berat teksturnya karena penggunaan tape yang banyak. Jika dicoba nanti bantat, mungkin jadi prol tape, hehe....

Cantik bangetttt...aku mau coba ya...makasiii resepnyaa

Assalamu'alaikum, Mba Rina...

mau tanya boleh? kalau santan diganti dengan susu cair bisakah?

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon