Halaman

Rabu, 12 Februari 2014

Lontong Sayur dan Semur Tahu

Assalamualaykum


Setelah bikin ayam penyet tempo hari saya masih punya sisa kaldu dan dibekukan di freezer. Kali ini mau saya eksekusi biar tidak mubazir.
Sudah lama saya tidak bikin lontong sayur di rumah. Biasanya beli saja karena penjual nasi uduk di sini biasanya jual lontong/ketupat sayur juga. Sayur yang digunakan adalah sayur godog labu siam atau sambel goreng labu siam disertai semur tahu. Jika ingin pake telur juga boleh. Telur ayam yang direbus dulu kemudian dimasak semur bersama tahu. Tapi karena telurnya mau dibuat kue, semurnya pake tahu aja. Dinikmati bersama dengan taburan bawang goreng dan krupuk udang/krupuk bawang hmmm....Alhamdulillah enak. Jika di rumah ada sisa kaldu ayam jangan dibuang ya. Bisa dipakai untuk masak Sayur Nangka atau ngungkep tahu tempe. Insya Allah enak deh rasanya.

Bahan Pelengkap :
Lontong, dipotong bulat-bulat
bawang goreng
kerupuk udang/kerupuk bawang

Bahan Sayur Godog :
2 bh labu siam agak kecil, potong korek api
10 lonjor kacang panjang, potong-potong 1 cm
2 lbr daun salam
sepotong lengkuas
2 lbr daun jeruk purut
1 batang serai, memarkan
250 ml air kaldu rebusan Ayam Penyet (bisa diganti air kaldu biasa)
600 ml santan dari 1/4 butir kelapa parut
garam secukupnya
gula merah/gula pasir secukupnya

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
3 bh cabe merah besar
2 cm kunyit
2 sdm ebi, rendam air panas sampai lunak

Cara membuat :
  1. Remas-remas labu siam bersama sedikit garam sampai lemas, cuci bersih dan tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan daun salam, lengkuas, daun jeruk dan serai. Masak sampai bumbu matang dan agak mengering.
  3. Masukkan labu siam dan kacang panjang, aduk rata. Tuangkan air kaldu dan santan ke dalamnya. Beri garam dan gula. Jika suka silakan pakai kaldu bubuk atau penyedap rasa. 
  4. Biarkan mendidih dan koreksi rasanya. Jangan lupa santannya sambil sesekali diaduk supaya tidak pecah. Setelah matang matikan api.
Semur Tahu :
10 bh tahu goreng segitiga
5 sdm kecap manis
700 ml air
2 sdm gula pasir
garam secukupnya
2 cm kayu manis
2 butir cengkih

Bumbu halus :
5 butir bawang merah
2 siung bw putih
1/4 sdt biji pala (bisa diganti pala parut/bubuk)
1/2 sdt lada
3 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus sampai wangi dan matang. Gunakan api agak kecil dan masak sampai agak kering.
  2. Masukkan tahu, beri kecap dan tuangi air. Beri garam, gula, kayu manis dan cengkeh. Didihkan sampai bumbu meresap dan air menyusut. Cek rasanya. Matikan api.
  3. Penyajian : letakkan lontong di atas piring/mangkuk, beri semur tahu kemudian tuangkan sayur godog di atasnya. Taburi bawang goreng dan lengkapi dengan kerupuk.
Note :
Sedikit tips ya. Jika beli tahu goreng di pasar suka sekali bau asem atau bau aneh lainnya. Untuk menghilangkannya cukup direbus bersama air mendidih selama 15-20 menit. Air harus merendam tahu ya. Setelah itu segera buang/tiriskan airnya kemudian dinginkan tahunya. Setelah dingin, peras tahu persatu sampai airnya tiris. Memerasnya pelan-pelan saja supaya tahu tidak hancur. Nah, sekarang tahu goreng siap diolah apa saja.

12 komentar:

  1. sambel mana sambel..sluurpppttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. woooiiii.....hahahaaa...ini emang suka ngomporin deh. Tau empunya pantang pedes nekat aja minta sambel....

      Hapus
  2. Bikin ngiler mbak Rina :D, segera di eksekusi mumpung punya labu siam dan tahu ^^..terimakasih mbak sharing resepnya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip mbak vira. met eksekusi yaaaa...*senyum*

      Hapus
  3. assalamu'alaikum mbak rina hihi aku sukaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa bgd bgd deh sma lontong sayur bagaimanapun citarasa (yg penting enak tentunya) dari lontong sayur padng dgn bumbu yg nendang sampe lontong sayur yg rasanya milddddd bgd hihi pokoknya sukaaaaaa bgd deh hihi (mungkin karena mama org kalimantan yg makan harus banjir sama kuah hihi) tapi gak pernah berani bikin.. tapi kakakku malah lebih suka uduk loh.. kwkkkk walaupun aku juga suka karena kami besar dijawa dan alm.abi suka coba" makanan jadi gak kamipun tertular cocok dgn makanan kering hihi..
    ijin save resepnya ya mbak hihi nanti kalau ada tante kesini mau minta bntuin masak ini soalnya kyanya gk mungkin diriku ngerjain sendiri soalnya kebiasaan ditinggal.. hihi..

    wassalamu'alaikum..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaykumsalam...
      wah ternyata zie penggemar lontong sayur to ? emang ya kalo makan pake lontong/ketupat harus banjir kuah. Lagian kalo gak pake kuah, seret hehe....trus lontong sayur gini sebenarnya yang enak yang pedes, bisa puas makan.

      Hapus
    2. kalau org kalimantan makan apapun harus banjir kuah mbak haha pokoknya harus banjir deh semua makanan..
      hihi bener tapi mbak rina gak boleh makan pedes kan hehe...

      oya mbak masalah perut itu rajin setiap pagi makan kurma dan 2 kapsul habbatussauda (asli yaman ato saudi ya mbak jgn yg made in indonesia) kalau sehat 2 hari sekali aja dan 1sdm madu (asli yaman ato saudi juga) kalau lebih suka dipakein air juga gak papa yg penting air dingin( dilaramg air hangat) hihi skdr sharing ya mbak..

      Hapus
    3. waaaa...makasih tuk tipsnya. Aku juga di rumah punya habbat tapi produk lokal, hehe....pernah dengar habbat yang bagus katanya dari Timur Tengah sih. Kalo kurma udah lama nggak punya karena sekarang kurma agak mahal. Biasanya tiap pagi makan kurma cuma belakangan ini absen. Kalo madu suka angot-angotan, kadang minum kadang enggak, hahahaha....ngakuuuuu....

      Hapus
  4. kemaren mamak ku masak lontong mb...
    alhasillll..... sarapan, makan siang, ampe makan malam...kami makan lontong...hihii
    selalu jd fav ya mbak... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaa....puas dong makan lontong biarpun nggak lebaran. Emang enak ya aromanya. Wangi daunnya itu lhooo...

      Hapus
  5. Sambelnya rawit ijo dan tomat ijo... beningan ajah... trus d tumis bentar... d encerin.... truuuuussss.... kucurin ke kuahny..... hmmmm.....

    * manas2in,,
    ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bu gulu satu ini emang tukang kompor bener, hihi...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.