Laman

Jumat, 17 Januari 2014

Martabak Kentang Bumbu Kari

Assalamualaykum


Cemilan ini saya buat kemarin dalam rangka menghangatkan badan karena cuaca dingin. Pinginnya ngemiiiilll aja.
Dan cemilannya maunya yang gurih-gurih hangat. Jadi setelah lihat lihat barang dagangan si tukang sayur saya kepikir bikin martabak. Apalagi ada kulit lumpia siap pake. Sip deh karena saya ogah bikin kulitnya. Kalo pas rajin biasanya saya bikin kulit risol untuk martabak. Bahannya gampang kok cuma kulit risol dengan isian kentang, sosis, wortel dan jagung manis. Isinya diberi bumbu kari dan santan supaya rasanya beda dan lebih lazis tentunya.

Bahan :
20 lembar kulit lumpia

Isian :
3 butir kentang, potong dadu
1 bh wortel, potong dadu
1 bh jagung manis, disisir
3 bh sosis ayam/sapi, potong dadu
125 santan dari 1/4 butir kelapa
1 sdt bumbu kari bubuk/basah
Garam, gula dan merica bubuk secukupnya

Bumbu halus :
1/2 sdt ketumbar
1/4 sdt jintan
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
2 cm kunyit

Cara membuat :
1. Isian : Goreng/rebus kentang sampai matang, angkat dan tiriskan. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan wortel dan jagung manis, masak sampai wortel empuk. Masukkan  kentang dan sosis. Menyusul santan dan bumbu kari. Beri garam, gula dan merica. Setelah mendidih cek rasanya. Masak sampai santan mengering. Angkat dan dinginkan.
2. Ambil selembar kulit lumpia, beri isian. Lipat seperti amplop dan goreng kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

6 komentar:

  1. nyomot atu ahhh hihii, aku klo buat ini gak pke santan mbak :D

    BalasHapus
  2. iya ya may, lebih awet nggak mudah basi

    BalasHapus
  3. enak...enak....enak.... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...lumayan buat nggayemi pas hujan-hujan...

      Hapus
  4. Gak pernah nolak kalau gorengan macam ini mah :D apalagi ada karinya, sukaaa.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata kari favoritnya Ayu ya. Ayo bikin yuuuu, enak nih...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.